detikNews
2019/10/12 20:30:10 WIB

Komitmen Majukan Museum, Pemerintah Alokasikan Dana Rp 129 M

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Komitmen Majukan Museum, Pemerintah Alokasikan Dana Rp 129 M Mendikbud Muhadjir Effendy (Rolando/detikcom)
Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menyampaikan komitmen pemerintah untuk memajukan museum di Indonesia. Muhadjir menyebut pemerintah telah mengalokasikan Rp 129 miliar sebagai Dana Alokasi Khusus (DAK) museum.

"Sekarang sudah ada DAK untuk museum. Baru Rp 129 miliar, tapi ini sudah awal yang baguslah. Untuk kebudayaan sekarang sudah sekitar Rp 1 triliun per tahun, Rp 1 triliun untuk Dana Abadi Kebudayaan (DAK). Untuk DAK kebudayaan itu sekitar Rp 500 (miliar), setengah triliun. Tapi paling tidak pemerintah sudah memiliki kepedulian sekarang, perhatian yang cukup," kata Muhadjir di Taman Fatahillah Kota Tua, Jakarta Barat, Sabtu (12/10/2019).

Menurut Muhadjir, DAK museum itu umumnya digunakan untuk program dan pelayanan publik, misalnya mengikuti event seperti peringatan Hari Museum Indonesia. Muhadjir juga menyampaikan apresiasinya kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta karena telah menangani museum secara profesional dan mampu menarik wisatawan.


"Dan saya sangat berterima kasih kepada Pemerintah DKI karena salah satu provinsi yang betul-betul telah menangani museum ini secara profesional dan telah mampu mengundang para wisatawan mancanegara maupun Nusantara yang bisa dicontoh untuk provinsi yang lain," ujar Muhadjir.

"Dan DKI termasuk yang tidak kita beri DAK karena sudah cukup kuat. Dananya bisa kita alihkan ke provinsi yang lain," imbuhnya.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com