detikNews
2019/10/12 13:42:27 WIB

Gerindra Heran Surya Paloh Singgung Koalisi Bersyarat ke Jokowi

Elza Astari Retaduari - detikNews
Halaman 1 dari 2
Gerindra Heran Surya Paloh Singgung Koalisi Bersyarat ke Jokowi Sufmi Dasco Ahmad (Mochammad Zhacky/detikcom)
Jakarta - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menuding Gerindra mengajukan syarat untuk bisa masuk ke koalisi Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Gerindra menegaskan tak pernah mengajukan syarat apa pun dalam pembicaraan soal kemungkinan bergabung dengan pemerintah.

"Saya nggak ngerti yang dimaksud Bang Surya Paloh tentang syarat yang diajukan Gerindra," ujar Waketum Gerindra Sufmi Dasco Ahmad saat dimintai konfirmasi, Sabtu (12/10/2019).

Dasco menegaskan tak ada syarat apa pun yang diajukan Gerindra kepada Jokowi. Jikapun pada akhirnya Gerindra berada di luar pemerintahan, sang ketum, Prabowo Subianto, sudah menegaskan tak ada masalah.


"Kami tidak mengajukan syarat apa-apa, dan kami juga sudah dinyatakan oleh Pak Prabowo bahwa kami juga siap di luar," sebut Dasco.

Walaupun pada akhirnya berada di luar pemerintahan, Gerindra memastikan tetap akan membantu periode kedua pemerintahan Jokowi. Gerindra memang sudah memberikan sejumlah konsep terkait beberapa bidang kepada Jokowi. Bila pada akhirnya Jokowi hanya memakai konsep dari Prabowo itu tanpa membawa Gerindra bergabung ke kabinet, Dasco menyatakan pihaknya pun legawa.

"Jika diminta membantu, kami pasti akan membantu, tentunya dengan konsep-konsep yang sudah kami berikan," tegas Wakil Ketua DPR itu.

"Jikalau konsep-konsepnya saja yang hanya mau dipakai, kami juga tetap nggak ada masalah, dan kami tetap siap memperkuat pemerintah di luar dengan legislasi, pengawasan, dan penganggaran yang kuat," sambung Dasco.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com