detikNews
2019/10/12 11:15:57 WIB

Polri Jawab Temuan Ombudsman-Komnas HAM soal Pengamanan Demo 22 Mei

Audrey Santoso - detikNews
Halaman 1 dari 3
Polri Jawab Temuan Ombudsman-Komnas HAM soal Pengamanan Demo 22 Mei Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Asep Adisaputra (Audrey/detikcom)
Jakarta - Polri menanggapi rapid assessment (RA) atau penilaian cepat Ombudsman terkait tindakan polisi dalam pengamanan demonstrasi yang berujung ricuh pada 21-22 Mei 2019. Polri juga menanggapi pernyataan komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara terkait temuan awal penggunaan kekerasan berlebihan oleh aparat di peristiwa tersebut.

"Apa yang disampaikan Ombudsman masih ada diskusi lebih lanjut," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Asep Adi Saputra kepada detikcom, Sabtu (12/10/2019).

Terkait pernyataan Beka, Asep menjelaskan, sudah ada rencana bersama antara Polri dan Komnas HAM untuk mengumumkan hasil investigasi setelah 20 Oktober nanti. Asep pun menilai ucapan Beka mewakili pribadinya, bukan Komnas HAM.

"Prinsipnya, dia mengatakan temuan, bukan kesimpulan. Karena rencananya (hasil investigasi) akan disampaikan nanti setelah tanggal 20 (Oktober). Secara kelembagaan, kan tidak boleh person yang menyampaikan, harus benar-benar secara hierarkis, organisasinya," ucap Asep.

"Kalau dia mau menyampaikan itu, ya lengkap dong secara lembaga. Dalam pemahaman kita sekarang, dia menyatakan itu secara pribadinya, tidak mewakili lembaganya. Yang dipegang publik itu kalau kita bicara formal, tentunya pernyataan resmi," sambung Asep.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com