detikNews
2019/10/12 10:26:26 WIB

Reaksi Abdul Basyir Saat Tahu Ninoy Relawan Jokowi: Saya Tanya 'Cebong Ya?'

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 2
Reaksi Abdul Basyir Saat Tahu Ninoy Relawan Jokowi: Saya Tanya Cebong Ya? Abdul Basyir Mokodongan, sosok pria bersuara berat di balik video interogasi yang viral di medsos (dok. detikcom)
Jakarta - Dendam politik melatarbelakangi kasus penganiayaan dan penyekapan relawan Joko Widodo (Jokowi), Ninoy Karundeng. Salah satu tersangka, Abdul Basyir Mokodongan, bahkan langsung bereaksi begitu mengetahui bahwa Ninoy adalah relawan Jokowi.

Bermula ketika pada Senin (30/9) malam, Ninoy tertangkap massa di dekat Masjid Al-Falah, Pejompongan, Jakarta Pusat. Salah satu warga memiting kepala Ninoy sambil mengacungkan ID yang dibawa Ninoy.

"Sesampai di depan masjid, orang yang bawa dia tinggi-tinggi besar pakai topi terus angkat kartu 'Jokowi APP', di situlah yang saya lihat si Ninoy dimassa," kata Abdul Basyir dalam wawancara eksklusif dengan detikcom di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (11/10/2019).


Ninoy dikerumuni massa dan dituding sebagai penyusup di demo yang berakhir ricuh. Massa kian emosional setelah mengetahui Ninoy adalah relawan Jokowi.

"Ditanya sama massa katanya 'penyusup, orangnya Jokowi'. Akhirnya di situ si Ninoy dimassa," imbuhnya.

Di tengah amuk massa, ada beberapa orang yang mencoba melindungi Ninoy. Ninoy kemudian dibawa ke dalam masjid dan pagar halaman ditutup.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com