detikNews
Jumat 11 Oktober 2019, 16:14 WIB

MA Bebaskan Terpidana Korupsi Eks Kepala Bapeda Mojokerto

Andi Saputra - detikNews
MA Bebaskan Terpidana Korupsi Eks Kepala Bapeda Mojokerto Hakim agung Suhadi (ari/detikcom)
Jakarta - Hakim agung Suhadi dkk menjatuhkan vonis bebas kepada terpidana korupsi Teguh Gunarko. Sebelumnya, mantan Kepala Bapeda Mojokerto, Jawa Timur itu divonis 3 tahun penjara oleh Artidjo Alkostar dkk.

Kasus bermula saat jaksa menyelidiki dana kunjungan Bupati Mojokerto sebesar Rp 116 juta. Versi jaksa, terjadi mark up anggaran di sana-sini. Jaksa kemudian mendudukkan Teguh di kursi pesakitan.

Pada 15 Februari 2012, Pengadilan Negeri (PN) Surabaya menjatuhkan vonis bebas kepada Teguh. Jaksa kasasi dan dikabulkan Mahkamah Agung (MA) pada 12 Mei 2014.

Majelis kasasi yang diketuai Artidjo Alkostar menyatakan Teguh telah terbukti secara sah dan menyakinkan bersalah melakukan tindak pidana 'korupsi secara berlanjut'. Artidjo menjatuhkan pidana terhadap Teguh selama 3 tahun penjara dan pidana denda sebesar Rp 150 juta. Dengan ketentuan apabila pidana denda tersebut tidak dibayar maka diganti dengan pidana kurungan selama 6 bulan.

Atas vonis kasasi itu, jaksa kemudian mengekesekusi Teguh ke Lembaga Pemasyarakatan (LP). Teguh yang merasa tidak bersalah mengajukan Peninjauan Kembali (PK) dan dikabulkan.

"Kabul," demikian lansir panitera MA dalam websitenya, Jumat (11/10/2019).

Putusan Nomor 286 PK/Pid.Sus/2019 diketuai hakim agung Suhadi dengan anggota Abdul Latief dan Eddy Army. Suhadi sehari-hari merupakan Ketua Muda MA bidang Pidana/Ketua Kamar Pidana.


Simak juga video "Novel Baswedan Bersaksi di Sidang Markus Nari" :

[Gambas:Video 20detik]


(asp/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com