detikNews
2019/10/11 15:52:53 WIB

Kata Pemkab Soal Guru-guru SMA di Pulo Aceh Bolos Saat Disidak Ombudsman

Agus Setyadi - detikNews
Halaman 1 dari 2
Kata Pemkab Soal Guru-guru SMA di Pulo Aceh Bolos Saat Disidak Ombudsman SMAN 2 Pulo Aceh (Foto: dok. Ombudsman Perwakilan Aceh)
Jakarta - Pemerintah Kabupaten Aceh Besar meminta Dinas Pendidikan Aceh turun tangan terkait guru SMA Negeri 2 Pulo Aceh tidak berada di sekolah. Bolosnya guru ini diketahui setelah Ombudsman melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sekolah tersebut.

"Kewenangan mengelola pendidikan SMA dan sederajat itu adalah kewenangan Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Aceh. Jadi SMA itu bukan kewenangan Pemkab atau Disdik Aceh Besar," kata Juru Bicara Pemkab Aceh Besar, Syukri Rahmat, saat dimintai konfirmasi wartawan, Jumat (11/10/2019).



Menurut Syukri, Ombudsman Aceh salah alamat jika melaporkan hal itu ke Pemkab Aceh Besar. Soalnya, Disdik Aceh Besar hanya mengurusi pendidikan SD hingga SMP saja.

Seharusnya, jelasnya, lembaga pengawasan pelayanan publik itu membuat laporan ke Disdik Aceh. Distribusi guru ke Pulo Aceh untuk SMA/sederajat juga menjadi tanggung jawab provinsi.

"Distribusi guru juga diatur oleh dinas provinsi bukan lagi kewenangan kabupaten/kota. Itu sudah menjadi aturan dari kementerian pendidikan," jelas Syukri.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com