detikNews
Jumat 11 Oktober 2019, 13:39 WIB

Komnas HAM Investigasi Tewasnya Akbar Alamsyah Korban Demo Ricuh

Laras Devi Rachmawati - detikNews
Komnas HAM Investigasi Tewasnya Akbar Alamsyah Korban Demo Ricuh Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara (Laras Devi/detikcom)
Jakarta - Komnas HAM telah membentuk tim untuk melakukan investigasi terkait penanganan kericuhan demonstrasi di sekitar gedung DPR pada akhir September. Salah satu yang menjadi perhatian adalah tewasnya Akbar Alamsyah.

"Komnas HAM sudah membentuk tim untuk penanganan peristiwa Jakarta, 26 September, kemarin, anggotanya ada 4 komisioner," kata Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara di kantor Komnas HAM, Jakarta, Jumat (11/10/2019).



Dia mengatakan saat ini tim tersebut sedang bekerja mengumpulkan data. Meninggalnya Akbar Alamsyah, kata Beka, menjadi salah satu fokus tim tersebut.

"Kami juga sedang bekerja mengumpulkan data dan informasi, apalagi sekarang, Akbar kemarin sore meninggal. Saya rasa itu juga jadi perhatian kami," ucapnya.



Akbar Alamsyah (19) sebelumnya terbaring koma setelah luka berat usai rangkaian demo yang ricuh di sekitar DPR akhir September 2019. Keluarga menduga Akbar jadi korban pemukulan sementara polisi menyebut Akbar jatuh dari pagar.

Setelah mendapat perawatan intensif, Akbar mengembuskan napas terakhir pada Kamis (10/10) di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat. Jenazah Akbar sudah dimakamkan hari ini oleh pihak keluarga.




Tonton juga video 10 Jurnalis Alami Kekerasan, LBH Pers Desak Komnas HAM Bertindak:

[Gambas:Video 20detik]


(haf/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com