detikNews
Jumat 11 Oktober 2019, 13:36 WIB

DPRD DKI Targetkan Penetapan APBD 2020 Selesai Akhir November

Dwi Andayani - detikNews
DPRD DKI Targetkan Penetapan APBD 2020 Selesai Akhir November Foto: Ilustrasi ruang sidang paripurna DPRD DKI. (M Fida Ul Haq/detikcom).
Jakarta - DPRD DKI Jakarta menyebut Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta tahun 2020 akan segera ditetapkan. DPRD menargetkan penetapan anggaran akan selesai 30 November 2019.

"30 November selesai ketok palu," ujar wakil ketua sementara DPRD DKI Jakarta Syarif saat dihubungi, Jumat (11/10/2019).

Syarif mengatakan, pembahasan APBD untuk tahun 2020 ini akan dilakukan pada akhir bulan ini. Menurutnya, hal ini sesuai dengan ketentuan Peraturan Pemerintah (PP) melalui Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 33 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan APBD.


"Mungkin (pembahasannya) akhir Oktober sudah bisa dimulai. Kan ketentuan PP-nya seperti itu," sebutnya.

Pemprov DKI Jakarta sendiri telah menyusun draf anggaran APBD 2020. Dengan total anggaran yang diajukan, sebesar Rp 95,99 triliun.

Diketahui sebelumnya, dokumen cikal bakal anggaran DKI Jakarta belum diunggah di laman resmi APBD. Cikal bakal anggaran Jakarta yang dimaksud adalah Kebijakan Umum APBD Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUA PPAS) DKI Tahun 2020.


Seharusnya demi transparansi publik, data itu diunggah di apbd.jakarta.go.id yang merupakan situs web APBD elektronik Pemprov DKI. Rancangan anggaran di KUA PPAS 2020 jadi sorotan setelah diangkat oleh anggota DPRD DKI sendiri diantaranya terkait rehab rumah dinas gubernur hingga penambahan anggaran untuk TGUPP.
(dwia/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com