detikNews
Jumat 11 Oktober 2019, 09:59 WIB

Pencari Suaka Terus Datangi Kantor UNHCR di Kebon Sirih

Laras Devi Rachmawati - detikNews
Pencari Suaka Terus Datangi Kantor UNHCR di Kebon Sirih Para pencari suaka datangi Kantor UNHCR Jakarta (Foto: Laras Devi/detikcom)
Jakarta - Para pencari suaka terus mendatangi Kantor United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR) Jakarta. Ada yang datang untuk mengurus pemulangan ke negara asal.

Pantauan detikcom di depan Kantor UNHCR, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat (Jakpus), pukul 09.30 WIB, Jumat (11/10/2019), terlihat beberapa pencari suaka menyerahkan berkas ke loket yang disediakan. Tampak ada satu tenda di dekat loket itu, namun tak ada yang menghuni.



Selain itu, terlihat juga sejumlah pencari suaka lainnya yang duduk-duduk di trotoar depan UNHCR. Salah satu pengungsi yang sedikit bisa berbahasa Indonesia mengaku dirinya berasal dari Suriah.

"Dari Suriah. Saya menyerahkan ID untuk keperluan deportasi," ucap salah satu pengungsi yang enggan menyebut namanya.

Para pencari suaka ini kebanyakan hanya bisa bahasa Arab. Mereka terdiri dari laki-laki dan perempuan.



Sebelumnya, rombongan para pencari suaka yang ditempatkan di Kalideres mendatangi UNHCR pada Kamis (10/10). Para pencari suaka itu datang dengan tujuh bus yang mengangkut mereka.

Para pencari suaka juga membawa poster. Salah satu poster berbunyi 'UNHCR is for Refugees, Not for Threatening Them', ada pula poster bertuliskan 'We need advocate to fight 4 our right'.




Tonton juga video Pencari Suaka Huni Trotoar Kebon Sirih: Tolong, Bantu Kami:

[Gambas:Video 20detik]




(haf/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com