detikNews
2019/10/11 08:45:41 WIB

Round-Up

Posisi Enak Anak Ketum

Arief Ikhsanudin - detikNews
Halaman 1 dari 2
Posisi Enak Anak Ketum Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Beberapa Ketua Umum Partai menempatkan anaknya mengisi pos-pos penting. Teranyar, Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memberikan posisi Wakil Ketua Umum kepada Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

"(Ditunjuk) dua bulan ini, tapi resminya kan nunggu pengesahan Depkum HAM. Pergantian pengurus hak Ketum. (AHY) sudah bisa disebut Waketum," ucap Wasekjen Partai Demokrat Andi Arief, saat dikonfirmasi, Kamis (10/10/2019).

Ketum-ketum lain menempatkan anaknya di posisi 'enak.' Siapa saja mereka?

AHY dan Ibas

Posisi Enak Anak KetumFoto: Grandyos Zafna

Ketua Umum Partai Demokrat, SBY memiliki dua putra yang masuk ke jalur politik. Mereka adalah Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dan Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas). Kedua anak SBY Saat ini menjadi elit partai Demokrat.

AHY awalnya adalah ikuti jejak SBY menjadi tentara. Namun, pada 2016 dia keluar dan menjadi Calon Gubernur DKI Jakarta didampingi Sylviana Murni yang diusung oleh Partai Demokrat. Pangkat terakhir AHY di militer adalah mayor.

Dua bulan lalu, SBY mengangkat dia menjadi wakil ketua umum. Pengangkatan dan pemberhentian seseorang dalam struktur partai adalah kewenangan Ketua Umum.

Sementara itu, Ibas lebih dulu masuk politik dibanding kakaknya, AHY. Dia memang tidak ikuti jejak ayahnya di bidang militer.

Ibas Masuk pada tahun 2009 selepas tamat sekolah S2 di Rajaratnam School of International Studies, Nanyang Technological University, Singapura. Dia langsung lolos jadi anggora DPR RI periode 2009/2014 saat saat itu, SBY menjabat Dewan Pembina Partai Demokrat.

Pada 2010 dia menjadi Sekretaris Jenderal Partai Demokrat dengan Ketua Umum Anas Urbaningrum. Pada periode DPR 2014/2019 dia didaulat menjadi Ketua Fraksi Partai Demokrat.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com