detikNews
Jumat 11 Oktober 2019, 08:10 WIB

SBY Temui Jokowi di Istana, PDIP: Membangun Kebersamaan dan Sinergitas

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
SBY Temui Jokowi di Istana, PDIP: Membangun Kebersamaan dan Sinergitas Foto: Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hendrawan Supratikno (Eva-detikcom).
Jakarta - PDIP mengapresiasi pertemuan antara Ketua Umum Partai Demokrat (PD) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Presiden Joko Widodo (Jokowi). PDIP menilai pertemuan tersebut membangun kebersamaan dan sinergitas.

"(Pertemuan) membangun kebersamaan dan sinergitas nasional. Adakah yang menilai hal ini sebagai sesuatu yang kontraproduktif," kata Politikus PDIP Hendrawan Supratikno kepada wartawan, Kamis (10/10/2019).

Hendrawan enggan memastikan pertemuan tersebut terkait koalisi atau tidak. Dia menturkan hanya SBY dan Jokowi yang mengetahui pembicaraan di Istana.

"Sudah cukup dijelaskan oleh Presiden, dan tentu pada waktunya oleh Pak SBY. Materi pembicaraan sangat strategis dan spesifik, sehingga hanya beliau berdua yang tahu isinya," tuturnya.


Hendrawan menilai sebagai negarawan, Jokowi dan SBY lebih banyak membahas gagasan dan strategi untuk masa depan Indonesia. Dia tidak berkomentar lebih jauh terkait kemungkinan koalisi.

"Media lebih tertarik bicara soal koalisi atau bagi-bagi kursi. Negarawan lebih tertarik membahas gagasan dan strategi masa depan dalam konstelasi geopolitik yang penuh ketidakpastian dan turbulensi," jelasnya.


Sebelumnya, Jokowi belum memastikan apakah Partai Demokrat akan bergabung dengan koalisi pemerintahan. Namun ia dan SBY sempat membahas hal tersebut.

"Ditanyakan ke Pak SBY langsung. Kita bicara itu tapi belum sampai sebuah keputusan," kata Jokowi di Istana Merdeka, Kamis (10/10/2019).



Tonton video Jokowi Bertemu SBY, Apa yang Dibahas?:

[Gambas:Video 20detik]


(fdu/fdu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com