detikNews
2019/10/11 06:44:24 WIB

Wiranto Ditusuk, Pemetaan Kelompok Teror Jadi Tanda Tanya

Idham Kholid - detikNews
Halaman 2 dari 2
Wiranto Ditusuk, Pemetaan Kelompok Teror Jadi Tanda Tanya Foto: Menko Polhukan Wiranto menjadi korban penusukan di Pandeglang, Banten. (Dok. Polsek Pandeglang)

Ridlwan menilai informasi kunjungan Wiranto ke desa Mendes Pandeglang yang memicu kedua pelaku untuk beraksi. Dia juga mengatakan aksi itu sudah terencana. Termasuk teknik pelaku menyembunyikan senjata tanpa terdeteksi petugas keamanan.

Serangan terorisme terhadap Wiranto dilakukan 10 hari jelang pelantikan Presiden Jokowi. Ridlwan menilai perlu ada persiapan menghadapi skenario terburuk untuk mengantisipasi serangan jelang pelantikan Jokowi.

"Harus ada persiapan menghadapi skenario terburuk, jadi misalnya rute presiden dari DPR ke Istana itu harus benar-benar steril," ujarnya.


Selain itu, dia menilai harus diwaspadai juga serangan terorisme simbolik. Terorisme simbolik itu seperti melempar bendera ISIS. Serangan simbolik itu memang tidak melukai, tapi bisa membuat citra terorisme moncer.

"Jangan lupa pasti akan ada kerumunan massa saat pelantikan itu. Itu juga harus diantisipasi. Kalau skenario mereka misalnya dengan mengorbankan diri, misalnya berlari ke arah iring-iringan, jadi mereka niatnya memang untuk mati. Skenario-skenario ini harus diwaspadai paspampres terutama," paparnya.


Simak Video "Kata Tetangga soal Sosok Fitria, Istri Penusuk Wiranto"

[Gambas:Video 20detik]


(idh/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com