detikNews
2019/10/11 05:52:37 WIB

Round-Up

Yang Perlu Diketahui Seputar Penusukan Wiranto Sejauh Ini

Tim detikcom - detikNews
Halaman 4 dari 7
Yang Perlu Diketahui Seputar Penusukan Wiranto Sejauh Ini (Foto: dok. Istimewa)


Sedangkan Kepala BIN Budi Gunawan menyebut Abu Rara merupakan anggota JAD Bekasi. Abu Rara sebelumnya bergabung dalam JAD Kediri.

"Bahwa dari dua pelaku ini kita sudah bisa mengidentifikasi bahwa pelaku adalah kelompok JAD Bekasi," ujar Budi Gunawan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Kamis (10/10).

Abu Rara, dari hasil deteksi BIN, mulanya bergabung dalam sel JAD Kediri. Abu Rara kemudian teridentifikasi pindah ke Bogor.

"Kemudian karena cerai dengan istri pertama pindah ke Menes, difasilitasi oleh salah satu Abu Syamsuddin JAD dari Menes untuk tinggal. Beberapa kegiatan yang bersangkutan sudah dideteksi dan sudah dalam pengembangan," sambung BG.

4. Senjata ala Ninja Dipakai Pelaku untuk Tusuk Wiranto

Wiranto mengalami dua luka tusuk akibat diserang seorang pria di Pandeglang, Banten. Penusuk itu memakai kunai.

Berdasarkan foto yang diperoleh detikcom, ada dua senjata tajam berwarna hitam dengan tali merah melilit pegangannya. Senjata itu adalah kunai atau pisau yang dipakai ninja. Foto tersebut dibenarkan oleh Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo.

"Betul. Digunakan oleh pelaku pria," kata Dedi.




Yang Perlu Diketahui Seputar Penusukan Wiranto Sejauh Ini Foto: Kunai yang dipakai penusuk Wiranto (Dok. Istimewa)


5. Polisi Sebut Pelaku Rencanakan Penusukan Wiranto

Kabid Humas Polda Banten Edy Sumardi mengatakan penusukan terhadap Wiranto dilakukan secara terencana. Sebab, pelaku sudah menyiapkan senjata tajam yang disembunyikan di balik baju.

"Ya kalau saya katakan terencana, pasti. Karena yang bersangkutan kan membawa senjata tajam di balik bajunya. Berarti sehingga sudah merencanakan," kata Edy di Alun-Alun Menes, Jalan Perintis Kemerdekaan, Menes, Kabupaten Pandeglang, Banten, Kamis (10/10).



Namun, dia belum mengetahui secara pasti ada-tidaknya pihak yang menginstruksikan dua pelaku untuk menyerang Wiranto. Dugaan sementara, penyerangan Wiranto murni penganiayaan.

"Sementara kita duga masih murni penganiayaan yang dilakukan oleh kedua pelaku penganiayaan ya, orang yang melakukan upaya untuk bersalaman tetapi melakukan tindakan upaya penganiayaan," terangnya.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com