detikNews
Jumat 11 Oktober 2019, 00:35 WIB

Wiranto Ditusuk di Pandeglang, F-PKB: Kelompok Radikal Masih Aktif

Mochamad Zhacky - detikNews
Wiranto Ditusuk di Pandeglang, F-PKB: Kelompok Radikal Masih Aktif Lokasi penusukan Wiranto (Foto: Bahtiar Rivai)
Jakarta - Fraksi PKB DPR RI tak menyangka insiden penusukan Menko Polhukam Wiranto bisa terjadi. Fraksi PKB DPR menilai insiden tersebut sebagai bukti nyata ancaman radikalisme di Indonesia.

"Kami sangat terkejut atas peristiwa penusukan Menko Polhukam di Pandeglang. Hal ini menjadi early warning bagi kita semua bahwa sel-sel kelompok radikalis masih aktif," kata Ketua Fraksi PKB Cucun Ahmad Syamsurijal kepada wartawan, Kamis (10/10/2019).

Polisi sendiri menyebut pelaku penusukan, Syahril Alamsyah (SA) alias Abu Rara terafiliasi dengan ISIS. Cucun tak menyangka pelaku berani menjadikan pejabat negara sebagai sasaran.

"Hal ini menunjukkan jika doktrin yang mereka terima sebagai motivasi dalam melakukan aksi begitu terinternalisasi di kepala pelaku. Dan itu sangat berbahaya karena nilai-nilai tersebut memuat nilai-nilai kekerasan," jelasnya.


Fraksi PKB mengimbau agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan. PKB berharap situasi dan kondisi Tanah Air tetap terkendali pascainsiden penusukan Wiranto.

"Kami menilai dinamika politik dan keamanan akan terus terjadi sehingga kita harus meningkatkan kewaspadaan bersama. Tapi tentu kita berharap kondisi keamanan tetap terkendali," ungkapnya.


Diberitakan sebelumnya, Wiranto diserang oleh pria yang membawa pisau setelah meresmikan sebuah perguruan tinggi di Pandeglang, Banten, siang tadi. Wiranto diserang begitu turun dari mobil, saat hendak naik helikopter.

Wiranto kini menjalani perawatan di RSPAD, Jakarta. Mantan Panglima TNI itu menderita luka tusuk di bagian perut.


(zak/fdu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com