Ombudsman: Irwasum Polri Tolak Saran Terkait Penanganan Demo 21-22 Mei

Yulida Medistiara - detikNews
Kamis, 10 Okt 2019 18:15 WIB
Anggota Ombudsman Ninik Rahayu di kantornya, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Kamis (10/10/2019). (Yulida/detikcom)


Dengan ditolaknya laporan tersebut, Ombudsman akan menyampaikan hasil rapid assessment tersebut langsung ke Kapolri Jendral Tito Karnavian. Ombudsman akan menunggu respons Tito menyikapi temuan tersebut.

"Kebetulan yang hadir pada hari ini yang ditunjuk oleh Pak Kapolri hari ini kan Pak Irwasum. Pak Irwasum kan masih punya atasan. Jadi kami akan resmi menyampaikan kepada Pak Tito sebagai Kapolri. Seperti yang tadi disampaikan, kami telah menuntaskan inisiatif kami untuk melakukan pengawasan terhadap kinerja kepolisian dalam rangka melakukan pelayanan publik, khususnya demo tanggal 21-23 Mei 2019," kata Ninik.


Ninik menyampaikan apabila belum ada respons dari Kapolri, Ombudsman akan mengirimkan hasil laporan tersebut ke DPR dan ke Presiden Jokowi. Sebab, DPR dan Presiden memiliki fungsi pengawasan pada lembaga penegak hukum.

"Karena tadi tolak nanti kita akan teruskan ke atasan kepolisian yaitu presiden dan juga DPR yang punya fungsi pengawasan pada lembaga pemerintahan termasuk lembaga penegak hukum," kata Ninik.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3