detikNews
2019/10/10 16:52:29 WIB

Kunai, Senjata Jarak Dekat ala Ninja yang Bikin Wiranto Terluka

Danu Damarjati - detikNews
Halaman 1 dari 2
Kunai, Senjata Jarak Dekat ala Ninja yang Bikin Wiranto Terluka Wiranto diserang memakai kunai. (Dok. Polres Pandeglang)
Jakarta - Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto ditusuk menggunakan kunai, sejenis senjata tajam dari Jepang. Pisau ninja ini memang berfungsi untuk mendukung serangan jarak dekat.

Dilansir dari buku 'Classical Weaponry of Japan: Special Weapons and Tactics of the Martial Arts' oleh Sergei Moi, Kamis (10/10/2019), kunai sebenarnya adalah perkakas sehari-hari untuk menggali, mirip cetok atau sekop, tapi berbentuk datar. Kunai juga bisa bisa ditancapkan di dinding supaya bisa dipanjat.



Kunai besar berukuran 35-48 cm disebut sebagai 'daikunai'. Sedangkan kunai kecil berukuran 18 cm disebut sebagai 'shokunai'. Namun pada perkembangan selanjutnya, kunai menjadi senjata tajam mirip pisau, meski tidak setajam pisau.

"Kunai sangat berguna dalam pertarungan jarak dekat. Meskipun tidak setajam belati, tapi ini bisa digunakan untuk menusuk," tulis Sergei Moi.

Kunai ini bisa digunakan sebagai senjata lempar. Bila digunakan sebagai senjata lempar, maka lubang gagang kunai akan diberi kuncir supaya lemparan lebih stabil.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com