detikNews
2019/10/10 15:40:43 WIB

Peneliti MK: Indonesia Negara Demokrasi Terbesar di Dunia

Andi Saputra - detikNews
Halaman 1 dari 2
Peneliti MK: Indonesia Negara Demokrasi Terbesar di Dunia Distribusi logistik pemilu 2019 di pelosok Indonesia (antara)
Jakarta - Peneliti Mahkamah Konstitusi (MK) Nallom Kurniawan menyatakan Indonesia sebagai negara demokrasi terbesar di dunia. Ia menampik bila negara demokrasi terbesar adalah Amerika Serikat (AS).

"Tanpa kita sadari, demokrasi itu punya kelemahan. Bahkan saya mengatakan demokrasi itu punya cacat bawaan. Dalam demokrasi, suara terbanyak pasti menang. Apakah suara terbanyak pasti benar? Belum tentu. Apakah yang banyak bisa menindas yang sedikit? Bisa terjadi yang namanya tirani mayoritas terhadap minoritas. Hal ini umum terjadi di banyak negara," kata Nallom, Kamis (10/10/2019).

Oleh karena itu, sambung Nallom, konsep nomokrasi kini menjadi penyeimbang. Negara Indonesia tidak hanya berdasarkan konsep demokrasi, tapi juga berdasarkan norma atau nomokrasi. Oleh karena itulah perlu adanya lembaga yang mengawal konsep demokrasi dan nomokrasi yaitu MK. Nallom mengatakan bahwa Indonesia adalah negara yang paling demokratis.

"Saya bisa saja salah, ketika banyak orang mengatakan Amerika yang menjadi rujukan demokrasi. Saat Pemilu di Amerika, kalau dilakukan melalui pemilihan langsung, pasti Donald Trump tidak jadi Presiden karena popular vote ada di Hillary Clinton," ujar Nallom.

Dikatakan Nallom, Pemilu di Indonesia saat ini dilakukan dengan cara one man, one vote, one value.

"Satu orang warga negara memiliki hak yang sama dengan warga negara lain. Dari situ saya berani katakan Indonesia adalah negara demokrasi terbesar di dunia," urai Nallom.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com