detikNews
Kamis 10 Oktober 2019, 15:18 WIB

Ini yang Dibahas Jokowi dan SBY di Istana

Andhika Prasetia - detikNews
Ini yang Dibahas Jokowi dan SBY di Istana Jokowi saat bertemu dengan SBY. (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Ketum Partai Demokrat (PD) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana. Jokowi mengungkap apa saja yang dibicarakannya dengan Presiden RI ke-6 itu.

"Ini saya dengan Pak SBY sudah janjian lama tapi belum pas waktunya dan hari ini Alhamdulillah pas waktunya dan ketemu," ujar Jokowi setelah bertemu dengan SBY di Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta, Kamis (10/10/2019).

Menurut Jokowi, pembicaraan yang dibahas dengan SBY seputar permasalahan politik, ekonomi, keamanan, hingga urusan ekonomi. Keduanya juga membicarakan masalah ekonomi.


"Terutama berkaitan situasi eksternal dari sisi ekonomi, yang kita semua hati-hati karena perkembangan ekonomi dunia. Masalah dunia yang menuju pada resesi. Bicara banyak. Masalah dalam negeri, masalah politik," jelas Jokowi.

Soal apakah Demokrat akan bergabung ke pemerintahan, Jokowi belum memastikannya. Namun ia dan SBY sempat membahas hal tersebut.

"Ditanyakan ke Pak SBY langsung. Kita bicara itu tapi belum sampai sebuah keputusan," ucapnya.


Jokowi juga mengaku SBY memberikan banyak masukan terkait periode keduanya. Hanya, ia menyebut belum ada pembahasan nama kader Demokrat yang diusulkan untuk mengisi pos kabinet Jokowi, termasuk Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

"Nggak sampai ke sana, belum sampai ke sana. (Nama AHY) belum," tegas Jokowi.

Seperti diketahui, isu Demokrat bergabung ke koalisi Jokowi-Ma'ruf Amin cukup menguat belakangan ini. Demokrat sendiri sudah memastikan siap masuk ke kabinet Jokowi meski sebelumnya bergabung dengan koalisi rival, Prabowo Subianto.


Simak Video "Jokowi Bertemu SBY di Istana"


(elz/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com