detikNews
2019/10/10 12:56:53 WIB

Sosialisasi Perpres, Pemkot Pekanbaru Data Hotel-Mal Berbahasa Asing

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Halaman 1 dari 2
Sosialisasi Perpres, Pemkot Pekanbaru Data Hotel-Mal Berbahasa Asing Foto: Kawasan Perkotaan Pekanbaru. (Chaidir-detikcom)
Pekanbaru - Pemerintah Kota (Pemkot) Pekanbaru akan segera melakukan sosialisasi terkait Perpres 63/2019 tentang penggunaan bahasa Indonesia. Pihaknya akan mendata nama tempat usaha yang memakai bahasa asing.

"Pada prinsipnya Pemkot Pekanbaru akan mendukung Perpres tersebut," kata Kabag Humas Pemkot Pekanbaru, Irba Sulaiman kepada detikcom, Kamis (10/10/2019).

Irba menjelaskan, di Pekanbaru juga ada usaha perhotelan yang menggunakan bahasa asing. Begitu juga badan usaha, tempat hiburan, serta rumah sakit.

"Ada juga penggunaan bahasa asing seperti kata Plaza, di perhotelan menggunakan bahasa asing ballroom dan banyak lagi yang kita jumpa di lapangan menggunakan bahasa asing. Jadi kita sepakatlah untuk dikembalikan ke bahasa Indonesia yang menjadi bahasa nasional kita," kata Irba.



Terkait penggunaan bahasa Indonesia tadi, pihak Pemkot Pekanbaru akan segera melakukan sosialisasi ke masyarakat, ke pengusaha.

"Kita akan minta camat dan lurah untuk mendata di wilayahnya masing-masing terkait tempat umum, hotel, tempat hiburan sesuai dengan yang ada di Perpres untuk didata," kata Irba.



Dengan pendataan tersebut, lanjutnya, nantinya akan dilakukan sosialisasi untuk mematuhi Perpres tersebut.

"Jika semuanya sudah terdata, maka di sinilah nanti kita akan melakukan sosialisasi Perpres tersebut. Ini juga tentunya butuh waktu," kata Irba.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com