detikNews
Kamis 10 Oktober 2019, 12:00 WIB

Bus Datang, Pencari Suaka Batal Jalan Kaki dari Kalideres ke Kebon Sirih

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Bus Datang, Pencari Suaka Batal Jalan Kaki dari Kalideres ke Kebon Sirih Para pencari suaka di Kalideres batal menggelar long march (Foto: Jefrie Nandy Satria/detikcom)
Jakarta - Para pencari suaka di Kalideres, Jakarta Barat, menggelar long march ke Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, untuk menyampaikan protes ke UNHCR. Namun, aksi mereka itu tertahan di kawasan Daan Mogot dan tiba-tiba datang bus untuk mengangkut mereka.

Pantauan detikcom, para pencari suaka mulai berjalan dari eks gedung Kodim 0503/JB, Jalan Bedugul, Kalideres, Jakarta Barat, sekitar pukul 09.30 WIB dan kemudian dihentikan petugas kepolisian di dekat Kantor Polantas Daan Mogot, sekitar pukul 10.20 WIB, Kamis (10/10/2019).


Bus Datang, Pencari Suaka Batal Jalan Kaki dari Kalideres ke Kebon SirihBus tiba-tiba datang untuk mengangkut para pencari suaka (Foto: Jefrie Nandy Satria/detikcom)

Kemudian, sekitar pukul 11.15 WIB tiba-tiba ada tujuh bus yang datang ke lokasi para pengungsi itu dihentikan. Massa diminta untuk masuk ke bus, namun sebagian masih bertahan di luar bus karena kondisi bus yang sudah penuh.

Belum ada penjelasan soal siapa yang menyediakan bus tersebut. Pihak kepolisian hingga Satpol PP yang berjaga di lokasi enggan memberi penjelasan ketika ditanya bus tersebut disediakan oleh siapa.

Hingga pukul 11.50 WIB, para pencari suaka tersebut masih bertahan di Daan Mogot. Ada satu bus dengan ukuran lebih besar yang datang ke lokasi. Belum diketahui para pencari suaka ini mau dibawa ke mana.


Pencari Suaka Huni Trotoar Kebon Sirih: Tolong, Bantu Kami

[Gambas:Video 20detik]


(haf/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com