detikNews
2019/10/10 11:31:52 WIB

Antisipasi Serangan Siber, BSSN Bicara Pentingnya Regulasi

Zunita Putri - detikNews
Halaman 2 dari 2
Antisipasi Serangan Siber, BSSN Bicara Pentingnya Regulasi Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Hinsa Siburian. (Foto: Zunita/detikcom)


Lebih lanjut, Hinsa lalu mengutip data yang menyebut tahun 2025 mendatang diproyeksi nilai ekonomi regional mencapai US$ 300 miliar dengan laju pertumbuhan ekonomi Indonesia tembus US$ 133 miliar. Dengan angka tersebut, menurut Hinsa, Indonesia harus menjaga potensi tersebut guna menumbuhkan ekonomi nasional.

"Sehingga sejalan dengan hal tersebut, BSSN memiliki peran meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional dengan fokus kepada bidang keamanan siber melalui penyediaan dan pengamanan ekosistem ranah siber yang nyaman, ramah, dan aman," katanya.



"Salah satu upaya yang diberikan yaitu memberikan jaminan keamanan data kepada masyarakat Indonesia melalui regulasi infrastruktur teknologi yang aman dan sumber daya manusia yang profesional," imbuhnya.

Dia mengatakan tanpa regulasi Indonesia akan kehilangan peluang sosial ekonomi, bahkan keamanan negara terancam.

"Karena data pribadi merupakan komunitas bisnis dan derajat warga negara. Saat ini transaksi banyak dilakukan secara digital yang semuanya perlu diamankan sehingga keamanan siber merupakan hal sangat penting dan mendesak untuk menopang dan mendukung digitalisasi termasuk revolusi industri 4.0 yang serba digital dan terhubung melalui internet," kata Hinsa.


(zap/idn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com