detikNews
2019/10/10 10:35:19 WIB

PAN Kritik UGM Batalkan Kuliah Umum UAS: Mestinya Tak Perlu Takut!

Tsarina Maharani - detikNews
Halaman 1 dari 2
PAN Kritik UGM Batalkan Kuliah Umum UAS: Mestinya Tak Perlu Takut! Foto: Ustaz Abdul Somad. (ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas).
Jakarta - PAN mengkritik Universitas Gadjah Mada (UGM) yang membatalkan kuliah umum yang rencananya diisi oleh Ustaz Abdul Somad (UAS). Menurut PAN, UGM terkesan membuat-buat alasan untuk membatalkan agenda kuliah umum tersebut.

"Alasan yang disampaikan sepertinya juga kurang mengena. Mestinya tidak ada yang perlu ditakutkan dan dikhawatirkan oleh insan akademis untuk mengikuti kegiatan keagamaan seperti itu. Semua pendengarnya pastilah memiliki tingkat kekritisan yang memadai untuk mengikuti ceramah dan pengajian seperti itu," kata Wasekjen PAN Saleh Daulay kepada wartawan, Kamis (10/10/2019).

Menurut Saleh, pembatalan kuliah umum UAS di UGM itu bisa jadi contoh buruk terhadap kebebasan beragama di Indonesia. Ia berbicara soal sikap toleransi.


"Katanya, kita harus mengembangkan budaya toleransi. Kalau betul kita menjaga toleransi, mestinya tidak ada pembatalan acara seperti itu," ujarnya.

PAN Kritik UGM Batalkan Kuliah Umum UAS: Mestinya Tak Perlu Takut!Foto: Saleh Daulay. (Dok. Pribadi).

Selanjutnya, Saleh menilai pembatalan secara sepihak dan tiba-tiba itu menimbulkan banyak tanda tanya. Padahal, dia yakin pengundang telah mempertimbangkan masak-masak ketika mengundang UAS mengisi kuliah umum.

Menurutnya, pihak kampus tidak perlu khawatir berlebihan. Saleh berpendapat seharusnya cukup mengawasi kegiatan tersebut hingga selesai.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com