detikNews
2019/10/10 09:53:30 WIB

Round-Up

Pencalonan Gibran Munculkan Bayang-bayang Dinasti Jokowi

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 3
Pencalonan Gibran Munculkan Bayang-bayang Dinasti Jokowi Gibran Rakabuming (Foto: Angga Aliya/detikFinance)
Jakarta - Pencalonan Gibran Rakabuming Raka dalam Pilwakot Solo 2020 memunculkan bayang-bayang dinasti Joko Widodo (Jokowi). Gibran dianggap membuka pintu bagi dinasti politik di keluarga Jokowi.

Pencalonan Gibran sendiri menguat setelah dirinya mendaftarkan diri menjadi kader PDIP. Langkah putra sulung Jokowi itu pun mendapat sorotan. Pencalonan Gibran dinilai bakal riuh terbaca sebagai dinasti politik sang presiden.

"Mau nggak mau orang akan membaca seperti itu karena dinasti politik terdefinisi di mana keluarga menjadi penerus atau menjadi suksesor untuk jabatan publik, terutama kepala daerah dan kepala pemerintahan," kata Qodari kepada wartawan, Rabu (9/10).



Qodari mengatakan sebagai putra dari Jokowi, Gibran harus siap menghadapi tudingan dinasti politik. Gibran, kata dia, juga harus siap membuktikan bahwa dia layak maju dalam pertarungan politik yang ada.

"Siapa pun yang menjadi keluarga besar politik harus menghadapi tudingan itu. Menurut saya, ujungnya hanya satu, sang calon harus membuktikan bahwa dia layak dengan cara menunjukkan program, tampil bagus di debat dan semuanya kembali ke masyarakat," ujarnya.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com