detikNews
2019/10/10 06:26:54 WIB

Round-Up

Isu Taliban Bikin Heran Novel Baswedan

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 4
Isu Taliban Bikin Heran Novel Baswedan Novel Baswedan (Foto: Ari Saputra)
Jakarta - Isu Taliban di tubuh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membuat penyidik senior Novel Baswedan heran. Novel menepis mentah-mentah isu Taliban tersebut.

Dalam catatan detikcom, isu mengenai perseteruan antara polisi Taliban dan polisi India di KPK awalnya diembuskan oleh Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane. Saat itu Neta meminta pimpinan KPK menjaga soliditas internal.

"Sekarang berkembang isu di internal. (KPK). Katanya ada polisi India dan ada polisi Taliban. Ini kan berbahaya. Taliban siapa? Kubu Novel (penyidik senior KPK, Novel Baswedan). Polisi India siapa? Kubu non-Novel. Perlu ada ketegasan komisioner untuk menata dan menjaga soliditas institusi ini," kata Neta dalam diskusi bertema 'Bersih-bersih Jokowi: Menyoroti Institusi Antikorupsi' di Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat, Minggu (5/5/2019).



Neta menyayangkan konflik terjadi di internal KPK. Ia menilai konflik tersebut terjadi karena ketidaktegasan para pimpinan KPK.

"Sejauh ini para komisioner tidak tegas dan cenderung berpihak. Novel kan baru, harusnya mereka bersinergi menjaga soliditas. Jangan karena perkara Novel tidak terungkap, lalu menjadi alasan mereka sangsi terhadap institusi Polri. Novel sendiri kan anggota Polri dulunya," papar Neta.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com