detikNews
2019/10/09 22:32:45 WIB

Komnas HAM Duga Ada Pelanggaran HAM Terkait Tewasnya 2 Mahasiswa Kendari

Sitti Harlina - detikNews
Halaman 1 dari 3
Komnas HAM Duga Ada Pelanggaran HAM Terkait Tewasnya 2 Mahasiswa Kendari Kepala Biro Dukungan Penegakan HAM, Gatot Ristanto (Foto: Sitti/detikcom)
Kendari - Komnas HAM menduga ada pelanggaran HAM dalam kasus tewasnya dua mahasiswa Universitas Halu Oleo (UHO) seusai demo ricuh di Kendari. Komnas HAM kini masih mengumpulkan sejumlah informasi mengenai kasus tersebut.

"Sekarang ini kita masih menduga adanya pelanggaran HAM karena tadi memang ada korban bukan hanya yang meninggal tapi yang luka-luka juga korban," kata Kepala Biro Dukungan Penegakan HAM, Gatot Ristanto, Rabu (9/10/2019).


Gatot mengatakan Komnas HAM akan bertemu dengan Polri untuk mengkonfirmasi sejumlah hal mengenai kasus tewasnya dua mahasiswa tersebut.

"Pertama, penegakan hukumnya berjalan, bisa dipastikan bahwa peluru yang keluar identik dengan senjata aparat tentunya bisa mengarah kepada indikasi itu (pelanggaran HAM) yang sekarang ini kita masih menduga," ujarnya.

"Kami masih melihat sebagai dugaan karena informasi ini masih harus kita lengkapi dan kami juga akan konfirmasi ke Mabes Polri," lanjutnya.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com