detikNews
2019/10/09 20:52:46 WIB

KPK Tetapkan Tersangka Baru Gratifikasi Eks Bupati Subang Ojang Sohandi

Ibnu Hariyanto - detikNews
Halaman 1 dari 2
KPK Tetapkan Tersangka Baru Gratifikasi Eks Bupati Subang Ojang Sohandi Foto: Kabiro Humas KPK Febri Diansyah. (Ibnu-detikcom)
Jakarta - KPK menetapkan tersangka baru dalam pusaran kasus korupsi mantan Bupati Subang Ojang Sohandi. Tersangka baru tersebut adalah Kepala Bidang Pengadaan dan Pengembangan Badan Kepegawaian Daerah Subang, Heri Tatan Summaryana.

"Dalam perkembangan proses penyidikan dan mengamati fakta persidangan dengan terdakwa Ojang Sohandi, Bupati Subang, KPK menemukan bukti permulaan yang cukup peran pihak lain yang diduga bersama-sama Bupati menerima gratifikasi yang berhubungan dengan jabatannya dan yang berlawanan dengan kewajiban atau tugasnya di Pemerintah Kabupaten Subang tahun 2013-tahun 2018," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah di KPK Jl Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (9/10/2019).


Febri mengatakan kasus ini berawal dari operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan oleh KPK pada 16 April 2016. Dalam OTT tersebut, KPK menetapkan 5 tersangka terdiri Bupati nonaktif Subang Ojang Sohandi, unsur jaksa hingga pejabat Dinas Kesehatan Pemkab Subang. Kelima tersangka itu kini sudah divonis oleh Pengadilan Tipikor Bandung.

Febri mengatakan Heri diduga bersama-sama Ojang diduga menerima gratifikasi berhubungan dengan jabatannya. Total gratifikasi yang diduga diterima senilai Rp 9,64 miliar.

"HTS (Heri Tatan Sumaryana) diduga secara bersama-sama dengan Ojang Sohandi, Bupati Subang periode 2013-2018 menerima gratifikasi yang berhubungan dengan jabatan dan berlawanan dengan kewajiban atau tugasnya sejumlah Rp 9.645.000.000," sebutnya.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com