detikNews
2019/10/09 19:41:16 WIB

Dinas SDA DKI Siagakan 8.000 Pasukan Biru Atasi Banjir Jakarta

Arief Ikhsanudin - detikNews
Halaman 1 dari 1
Dinas SDA DKI Siagakan 8.000 Pasukan Biru Atasi Banjir Jakarta Pasukan biru menanggulangai tanggul jebol di Cipinang beberapa waktu lalu. (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta menyiagakan ribuan personel untuk mengatasi banjir di Jakarta. Mereka disiapkan untuk turun selama musim hujan.

"Sampai saat ini sudah ada 8.000 orang yang siap standby jika diperlukan siap turun ke lokasi," kata Kepala Dinas SDA DKI Jakarta Juaini Yusuf kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (9/10/2019).

Saat ini, petugas dari SDA DKI berusaha untuk mengeruk dan memperlancar saluran air sehingga tidak menimbulkan banjir jika puncak musim hujan.


"Kita harapkan genangan cepat surut cepat berkurang karena dari awal-awal sudah kita keruk. Lokasi-lokasi sungai, waduk semuanya. Jadi pas ketika terjadi kita siap dengan peralatan yang kita punya dan satgas-satgas yang ada di Dinas Sumber Daya Air," kata Juaini.

Selain itu, SDA mengecek perlengkapan yang dimiliki, khususnya pompa-pompa di lima wilayah Jakarta.

"Semua pompa di lima wilayah itu sudah standby semua ada sekitar 300 pompa yang sudah kita siapkan, ditambah lagi pompa-pompa mobile yang kita taruh di lima wilayah juga karena masing-masing wilayah titik-titik genangan yang berbeda-beda," ucap Juaini.


Dari data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta terdapat 17 kecamatan, 25 kelurahan, dan 86 RW yang menjadi daerah rawan banjir. Data yang dipakai oleh BPBD DKI Jakarta adalah data 2017. Tetapi data itu dinilai masih akurat digunakan pada 2019.

"Daerah ini masih berpotensi karena berada di dekat aliran kali, tapi karena sudah ada upaya Pemprov DKI dalam mitigasi banjir insyaallah jumlahnya 2019 berkurang," ucap Kepala Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kebencanaan BPBD DKI Jakarta M Ridwan saat dihubungi.
(aik/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com