detikNews
Rabu 09 Oktober 2019, 19:07 WIB

Bahagianya Warga Kampung Akuarium Anies Akan Bangun Rumah Lapis

Laras Devi Rachmawati - detikNews
Bahagianya Warga Kampung Akuarium Anies Akan Bangun Rumah Lapis Kampung Akuarium dipotret pada Rabu (9/10/2019). (Laras Devi Rachmawati/detikcom)
Jakarta - Perasaan bahagia menyelimuti hampir seluruh warga Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara. Warga antusias menyambut rencana pembangunan rumah lapis yang akan dilakukan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada 2020.

Menanggapi hal itu, salah satu warga bernama Ati (40) mengungkapkan dirinya sangat berharap rencana tersebut bisa terealisasi dalam waktu dekat. Meski menemui beberapa kendala selama menempati shelter, Ati tetap merasa bersyukur atas fasilitas yang diberikan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tersebut.

"Ya senang kalau seandainya ini terjadi, dibangun kembali gitu. Ya sebenarnya ada (kendala), tapi mau gimana lagi, ini juga tinggal di shelter ini sudah bersyukur banget dari pada tadinya kan di tenda, kita tadinya di tenda, terus sekarang di shelter ya sudah bersyukur banget," ujarnya saat berada di Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara (9/10/2019).



Senada dengan Ati, warga bernama Ema mengungkapkan perasaan yang sama. Sempat kehilangan mata pencarian pascapenggusuran, Ema berharap pembangunan Kampung Akuarium bisa berjalan lancar agar ia bisa kembali berjualan.



"Senanglah. Ya kalau dulu kan rumahnya permanen, usaha kita juga lancar. Dulu jual sembako, ikan bakar, pesanan kue. Sekarang nggak, siapa yang mau beli," kata dia.

Topas, Ketua RT 12 RW 02 Kampung Akuarium, menuturkan seluruh warga memang berharap pembangunan bisa terjadi secepat mungkin pada 2020. Bahkan ia berharap pembangunan rumah lapis tersebut bisa dilakukan di awal tahun depan.

"Kalau update yang terbaru tentang Kampung Akuarium, pembangunan, kalau Pak Gubernur berkata tahun 2020, ya kalau bisa dipercepatlah, yang benar-benar (tahun) 2020 itu awal tahun bisa, pertengahan tahun bisa. Jadi intinya warga berharap secepat mungkinlah proses pembangunannya. Jadi kalau bisa ya secepatnya, kalau disebut awal tahun ya bulan satu itu (Januari) kalau bisa," tuturnya.
(knv/knv)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com