Dipakai Buat Daftar Sopir Taksi Online, Begini Cara Pelaku Bikin KTP Palsu

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Rabu, 09 Okt 2019 17:30 WIB
Foto: Polisi rilis pemalsuan dokumen (Jefrie Nandy-detikcom)
Tangerang - Seorang pria berinisial NF (32) ditangkap polisi karena membuat KTP palsu yang kemudian digunakan oleh 5 pelaku lain untuk mendaftarkan diri sebagai sopir taksi online. Lalu bagaimana NF memalsukan dokumen tersebut?

Kapolres Bandara Soekarno-Hatta AKBP Arie Ardian Rishadi mengatakan bahwa material KTP yang dijual tersangka sebetulnya asli.

"Ini KTP bahannya asli, KTP dan SIM ini bahannya asli dan mereka mendapatkannya dari salah satu tersangka yang sedang kita cari, yang kerjanya adalah pencopet di salah satu daerah di wilayah Jakarta Pusat. Sekarang sedang kita cari," kata AKBP Arie Ardian Rishadi, di Mapolresta Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Rabu (9/10/2019).

Arie mengatakan para pelaku mendapatkan material dokumen negara tersebut dari seorang pencopet.

"Jadi dia mendapatkan KTP dan SIM nya ini asli, hasil copet di daerah Jakarta Pusat. Dia beli di sana seharga 100 rb satu lembarnya, 1 KTP. Baru dia hapus, baru dia cetak kembali," ucapnya.

Data-data pada KTP tersebut kemudian dihapus dan dicetak ulang dengan data-data sesuai permintaan pelanggan.

"Ini (tulisan di KTP) dia hapus, baru dia tulis kembali, dia cetak kembali, baru di-laminating. Jadi hasilnya cukup bagus," sambungnya.





Selanjutnya
Halaman
1 2