detikNews
2019/10/09 16:38:15 WIB

Novel Jelaskan Keterangan Miryam soal Duit ke Markus Nari Sebelum Cabut BAP

Faiq Hidayat - detikNews
Halaman 1 dari 2
Novel Jelaskan Keterangan Miryam soal Duit ke Markus Nari Sebelum Cabut BAP Novel Baswedan menjadi saksi dalam sidang Markus Nari. (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Penyidik KPK Novel Baswedan menyebut Markus Nari menerima uang terkait proyek e-KTP tercantum dalam berita acara pemeriksaan (BAP) Miryam S Haryani. Namun Novel mengaku lupa jumlah uang yang diterima Markus Nari.

"Apakah ada keterangan dalam BAP yang belum dicabut yang menyatakan bahwa terdakwa Markus Nari menerima sesuatu uang?" tanya hakim dalam persidangan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Rabu (9/10/2019).

"Ada, Yang Mulia, saya lupa (jumlah uang) cuma keterangan itu yang dituangkan ke dalam BAP (Miryam S Haryani)," jelas Novel ketika bersaksi.


Novel mengatakan saat itu Miryam S Haryani diperiksa oleh tim penyidik lainnya. Setelah itu, dia membaca BAP Miryam setelah diperiksa penyidik KPK.

"Pada saat itu saya mendengar pada saat keterangan pemeriksaan. Setelah itu saya sering kali pada saat tim selesai melakukan pemeriksaan saya membaca kembali BAP-BAP," jelas Novel.

Ariawan Agustiartono, selaku jaksa KPK, juga dihadirkan saksi sidang ini. Ariawan menyebut pencabutan BAP Miryam mempengaruhi perkara korupsi proyek e-KTP.

Ariawan merupakan jaksa KPK yang menangani perkara korupsi proyek e-KTP. Miryam mencabut BAP tersebut dalam persidangan pada 23 Maret 2017.

"Seingat saya uang yang masuk ke komisi itu lewatnya bu Miryam, sehingga ketika bu Miryam mencabut (BAP) semuanya menghilang," kata Ariawan.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com