detikNews
2019/10/09 15:16:51 WIB

Herannya Novel Baswedan, Penyidik KPK Christian Dianggap Taliban

Faiq Hidayat - detikNews
Halaman 1 dari 2
Herannya Novel Baswedan, Penyidik KPK Christian Dianggap Taliban Novel Baswedan (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Penyidik KPK Novel Baswedan merasa heran terhadap isu Taliban yang dianggap berada di KPK. Oleh sebab itu, isu Taliban di KPK dianggapnya hoax atau berita bohong.

"Ya hoax, hoax keterlaluan, masak Pak Christian disebut Taliban gitu kan. Nggak lah," kata Novel Baswedan setelah menjadi saksi sidang perkara e-KTP di Pengadilan Tipikor, Jl Bungur Besar Raya, Jakarta, Rabu (9/10/2019).


Novel menilai isu Taliban sengaja untuk menyerang KPK agar dianggap buruk. Dia menegaskan tidak ada 'kelompok Taliban' di KPK.

"Saya kira pola-pola itu sengaja membuat persepsi seolah-olah KPK-nya jelek, sehingga undang-undangnya diubah mungkin kan. He-he-he... saya kira intinya nggak begitulah KPK," ujar Novel.

Isu 'Taliban' pernah tiba-tiba disampaikan Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane. Dia menyampaikan itu dalam diskusi bertema 'Bersih-bersih Jokowi: Menyoroti Institusi Antikorupsi' pada Minggu, 5 Mei 2019.

"Sekarang berkembang isu di internal (KPK). Katanya ada polisi India dan ada polisi Taliban. Ini kan berbahaya. Taliban siapa? Kubu Novel (penyidik senior KPK, Novel Baswedan). Polisi India siapa? Kubu non-Novel. Perlu ada ketegasan komisioner untuk menata dan menjaga soliditas institusi ini," kata Neta.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com