detikNews
2019/10/09 14:03:02 WIB

Novel Baswedan-Miryam Beda Keterangan di Sidang Kasus e-KTP Markus Nari

Faiq Hidayat - detikNews
Halaman 1 dari 2
Novel Baswedan-Miryam Beda Keterangan di Sidang Kasus e-KTP Markus Nari Sidang kasus korupsi e-KTP Markus Nari (Foto: Faiq Hidayat/detikcom)
Jakarta - Keterangan mantan anggota DPR Miryam S Haryani berbeda dengan penyidik KPK Novel Baswedan di sidang kasus dugaan korupsi terkait proyek e-KTP dengan terdakwa Markus Nari. Miryam mengaku dirinya ditekan saat pemeriksaan, namun Novel berkata sebaliknya.

"Waktu itu saya mencabut BAP saya terus ditanya hakim kenapa dicabut? Terus saya jawab, saya ditekan proses dialami proses penyidikan ada penekanan," kata Miryam dalam persidangan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Rabu (9/10/2019).



Menurut Miryam, saat itu penyidik yang menekan dirinya dalam pemeriksaan di KPK yaitu Novel Baswedan. Saat proses pemeriksaan Miryam diberikan kesempatan untuk membaca kembali BAP.

"Iya betul (dikasih kesempatan membaca BAP)," jelas Miryam.

Sementara itu, Novel yang menjadi saksi dalam sidang ini membantah telah menekan Miryam saat pemeriksaan di KPK. Ketika itu, Miryam diperiksa oleh penyidik Irwan Susanto yang termasuk timnya Novel Baswedan.

"Pertama kali yang periksa bukan saya, saya penyidikan dalam e-KTP saya koordinator penyidikan. Yang meriksa seingat saya itu tim saya bernama Irwan Susanto, tapi seingat saya pemeriksaan yang keempat saya yang memeriksa ibu Miryam," jelas Novel.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com