detikNews
2019/10/09 11:59:23 WIB

Makassar Gagal Dapat Adipura, KLHK: TPA Sampah Masih Open Dumping

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
Halaman 1 dari 1
Makassar Gagal Dapat Adipura, KLHK: TPA Sampah Masih Open Dumping TPA Antang masih berlakukan sistem open dumping (Hermawan Mappiwali/detikcom)
Makassar - Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), gagal mendapatkan piala Adipura. Kegagalan ini dinilai karena masih ada open dumping di tempat pembuangan akhir (TPA) sampah Tamangapa Antang.

"Nah itu memang jadi perhatian kami juga, jadi keprihatinan. Jadi begini, sebenarnya TPA itu (TPA Antang) yang dimandatkan dalam undang-undang adalah TPA non-dumping. Sementara TPA itu masih open dumping. Dengan TPA itu memang menjadikan Makassar tidak dapat Adipura tahun lalu," kata Dirjen Pengelolaan Sampah Limbah dan B3 KLHK, Rosa Vivien Ratnawati, di Makassar, Rabu (9/10/2019).


Open dumping adalah sistem pembuangan sampah yang paling sederhana. Sampah hanya dibuang di sebuah tempat pembuangan akhir tanpa ada perlakuan lebih lanjut.

Vivien mengatakan agar Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar bisa mendapatkan penghargaan kota terbersih dan terindah, ada dua syarat penting terkait pengelolaan sampah. Syarat pertama adalah adanya kebijakan strategis daerah tentang pengelolaan sampah.


"Kedua, TPA-nya tidak boleh open dumping. Karena bercerita TPA open dumping itu melanggar sebenarnya," ucapnya.

Dia mengatakan TPA open Dumping juga menyebabkan terjadinya kebakaran sampah di TPA Antang beberapa waktu lalu. Dia mengingatkan pemerintah daerah untuk bertanggung jawab atas pengelolaan TPA.


"Tentu saja menjadi tanggung jawab kabupaten/kota tersebut dan dibuka peluang TPA regional," kata dia.




Simak juga video Ternyata Balikpapan Punya Pengolahan Sampah Modern Loh!:

[Gambas:Video 20detik]




(fiq/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com