detikNews
Rabu 09 Oktober 2019, 11:08 WIB

Novel Baswedan-Miryam Jadi Saksi Sidang Markus Nari

Faiq Hidayat - detikNews
Novel Baswedan-Miryam Jadi Saksi Sidang Markus Nari Penyidik senior KPK, Novel Baswedan, menjadi saksi sidang Markus Nari. Foto: Faiq/detikcom
Jakarta - Penyidik senior KPK, Novel Baswedan, menjadi saksi sidang lanjutan perkara korupsi terkait proyek e-KTP dan keterangan palsu. Duduk sebagai terdakwa dalam persidangan itu adalah mantan anggota DPR Markus Nari.

"Saksi hari ini ada tiga orang," kata jaksa KPK Ahmad Burhanudin dalam persidangan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Rabu (9/10/2019).


Selain Novel, jaksa menghadirkan mantan anggota DPR Miryam S Haryani dan jaksa KPK Ariawan Agustiartono. Ketiga saksi sebelum memberikan keterangan disumpah terlebih dahulu.

Dalam sidang ini, Markus Nari didakwa merintangi penyidikan kasus dugaan korupsi proyek e-KTP. Jaksa KPK menyebut Markus sengaja mencegah atau merintangi pemeriksaan di sidang terhadap Miryam S Haryani yang saat itu berstatus sebagai saksi dan Sugiharto yang kala itu berstatus sebagai terdakwa.


Selain itu, Markus didakwa memperkaya diri sendiri USD 1.400.000 dari proyek e-KTP. Perbuatan Markus juga memperkaya orang lain dan korporasi, akibatnya, negara mengalami kerugian Rp 2,3 miliar dari perbuatan Markus.




Tonton juga video Bicarakan Kasus Novel, PP Muhammadiyah Mau Ketemu Presiden:

[Gambas:Video 20detik]




(fai/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com