Round-Up

Semangat Toleransi di Balik Mundurnya Pelantikan Jokowi

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 09 Okt 2019 07:50 WIB
Pigura Foto presiden-wapres terpilih Jokowi dan Ma'ruf Amin. Keduanya akan dilantik 20 Oktober 2019. (Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Alasan lain, MPR tidak mau mengganggu masyarakat yang berolahraga di car free day. Sebab, nantinya akan ada penutupan jalan protokol untuk dilewati tamu-tamu negara.

"Kita tidak ingin mengganggu masyarakat yang ingin car free day di jalan utama karena semula rencananya ada penutupan jalan karena ada tamu-tamu kepala negara sahabat yang hadir, perdana menteri, presiden, raja, itu akan hadir pada saat pelantikan. Jadi kalau pagi, maka akan mengganggu masyarakat kita yang olahraga," ujar Bamsoet.

Pelantikan Dihadiri Kepala Negara Sahabat

Pelantikan Jokowi sebagai presiden periode kedua ini akan kembali dihadiri kepala negara sahabat. Hingga saat ini, pemimpin negara yang sudah memastikan hadir dalam pelantikan Jokowi adalah Perdana Menteri Australia Scott Morrison dan Wapres China Wang Qishan. Amerika Serikat juga berencana mengirimkan perwakilan.



Seperti dilaporkan The Sydney Morning Herald, Senin (7/10/2019), Scott Morrison akan menghabiskan waktu dua hari di Jakarta, ibu kota Indonesia, untuk menghadiri pelantikan kedua Jokowi. Kedatangannya nanti jadi kunjungan keduanya dalam waktu satu tahun ini.

Kunjungan Morrison melanjutkan tradisi diplomatik para PM Australia yang secara rutin mendatangi pelantikan presiden Indonesia.

Scott Morrison dan Jokowi / Scott Morrison dan Jokowi / Foto: Potret Keakraban Jokowi-PM Australia di Bogor (dok. Biro Setpres)

Selanjutnya
Halaman
1 2 3