detikNews
Rabu 09 Oktober 2019, 06:53 WIB

Sampah Menumpuk di Pintu Air Manggarai, Pemprov: 2 Jam Sudah Terangkat

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Sampah Menumpuk di Pintu Air Manggarai, Pemprov: 2 Jam Sudah Terangkat CCTV Pintu Air Manggarai, Rabu (9/10) pukul 04.29 WIB. (Foto: dok. ist)
Jakarta - Pemprov DKI memastikan petugas di lapangan sudah bersiaga untuk membersihkan sampah yang menumpuk di Pintu Air Manggarai setelah hujan yang mengguyur ibu kota semalam. Sampah diperkirakan terangkut dalam 2 jam ke depan.

"Dalam 1-2 jam ke depan sudah terangkat, tapi pengangkutan dari emplasemen perlu mobilisasi truk. Manuvernya tidak bisa terlalu banyak. Paling ada 5-6 truk besarnya. Tapi kita sudah siapkam petugas dari kemarin sore, begitu ada early warning system pasukan kami sudah siap di lapangan," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Andono Warih saat dihubungi, Rabu (9/10/2019) pukul 06.45 WIB.


Alat berat seperti ekskavator sudah dikerahkan untuk membersihkan sampah. Adapun sampah didominasi kayu-kayu.

"Ekskavator BEKO sama ekskavator yang berat. Sampah bambu, kemudian kayu-kayu, jadi kelihatannya dari pinggir kali di hulu," ujar Andono.

Andono mengatakan, petugas saat ini masih melakukan pengangkutan terhadap sampah. Truk-truk juga disiapkan untuk memindahkan sampah yang terangkut.

Seperti diketahui, Jakarta diguyur hujan semalam. Pada pukul 18.30 WIB, Selasa (8/10), tinggi muka air (TMA) Bendung Katulampa mencapai 150 cm.



Tonton video saat Sampah di Pintu Air Manggarai Berangsur Hilang:

[Gambas:Video 20detik]


(azr/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com