detikNews
2019/10/08 22:32:12 WIB

Buruh Bangunan di Koja Tewas Dikeroyok Teman Usai Dititipi Uang Sabu

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Halaman 1 dari 1
Buruh Bangunan di Koja Tewas Dikeroyok Teman Usai Dititipi Uang Sabu Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Jakarta - Seorang buruh bangunan, Muhamad Lukman Hakim alias Kutil tewas setelah dikeroyok teman-temannya sendiri di Koja, Jakarta Utara. Korban dikeroyok karena dituding menilap uang teman-temannya yang sedianya digunakan untuk membeli sabu.

Peristiwa itu terjadi di Jalan H Daul RT 05/08 Kelurahan Rawa Badak Selatan, Kecamatan Koja, Jakarta Utara pada Jumat (4/10), sekitar pukul 00.15 Wib. Korban dikeroyok oleh empat pelaku yakni MR alias Jepang, TS, UC dan A (DPO).

"Tersangka MR alias Jepang kesal terhadap korban karena telah menitipkan uang sebesar Rp 100 ribu patungan dengan tersangka TS untuk membeli narkotika jenis sabu yang dititipkan melalui korban, namun setelah uang diberikan kepada korban uang tersebut tidak dibelikan sabu dan uangnya tidak dikembalikan oleh korban," kata Kanit Reskrim Polsek Koja AKP Andri dalam keterangan tertulisnya, Selasa (8/10/2019).

Semula, korban diajak para pelaku untuk minum-minuman keras. Setelah itu, korban dibawa menghadap tersangka MR alias Jepang untuk mengklarifikasi soal uang Rp 100 ribu itu.

"Saat korban sedang minum miras dengan tersangka TS dan kawan-kawannya, korban diajak oleh tersangka TS untuk menemui tersangka MR untuk mengklarifikasi berkaitan uang pembelian sabu yang dititipkan kepada korban," ujar Andri.



MR kemudian menagih uang itu kepada korban. Hingga akhirnya terjadi percekcokan di antara mereka.

Usai adu mulut, tersangka MR mengajak TS untuk menghabisi korban. Sementara UC dan A yang berada di lokasi kejadian spontan ikut menghabisi nyawan korban.

"Selanjunya tersangka MR mengajak tersangka TS untuk membantai korban dan saat melihat korban dipukul dengan tangan kosong oleh tersangka MR hingga terjatuh, maka tersangka TS, UC dan A secara spontanitas bersama-sama menghabisi nyawa korban dengan balok kayu dan batu konblok disekitar TKP," imbuh Andri.

Para tersangka dikenakan pasal 338 KUHP subsider pasal 170 ayat 2 dan 3 KUHP dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara. Mereka kini ditahan di Polsek Koja.


(mea/mea)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com