detikNews
2019/10/08 21:32:46 WIB

Menakar Peluang Penantang Airlangga Sebagai Ketum Golkar

Danu Damarjati, Deden Gunawan - detikNews
Halaman 1 dari 4
Menakar Peluang Penantang Airlangga Sebagai Ketum Golkar Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (Dok. Golkar)
Jakarta - Tensi tinggi perebutan posisi Ketua Umum Partai Golkar memang belum akan berakhir, sekali pun Bambang Soesatyo (Bamsoet) yang menjadi calon kuat sebagai pesaing petahana Airlangga Hartarto menyebut akan mendinginkan suasana persaingan. Sejumlah kader Golkar menyatakan diri akan ikut bersaing. Apalagi menurut sejarahnya tak pernah ada aklamasi dalam pemilihan orang nomor satu di partai berlambang phon beringin itu.

Salah satunya Indra Bambang Utoyo, Ketua Korbid Pemenangan Pemilu Wilayah Sumatera Partai Golkar. Mantan ujar Ketua Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan TNI/Polri Indonesia (FKPPI) itu mengatakan niatnya untuk mencalonkan diri sebagai Ketum Golkar belum luntur.

"Insya Allah saya maju. Biarpun banyak yang menertawakan," ujar Bambang saat dihubungi detikcom, Senin (8/10/2019).



Keinginan Bambang bertahan maju sebagai salah satu calon ketum salah satunya didasari perkembangan politik yang berkembang pasca terpilihnya Bamsoet menjadi ketua MPR. Ada ungkapan yang terlontar di internal partai jika perebutan kursi ketum Golkar di Munas sudah berakhir. Namun, dia menyadari jika lawan yang dihadapi bukan sembarangan. Airlangga adalah petahana sekaligus Menteri Perindustrian.

Bahkan di internal Golkar ada yang mencemooh terang-terangan dengan menyebut Bambang hanya buang-buang waktu dan tenaga saja menantang Airlangga. "Kalau saya maju ibarat petinju kelas berat dilawan kelas ringan. Sementara pengamat bilang layaknya David versus Goliat," ujar mantan Ketua Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) periode 1994-1998 itu. Bambang mengaku pede karena mendapat dukungan dari FKPPI serta AMPI. Bambang juga mengklaim banyak loyalis Bamsoet yang mulai mendukung dirinya.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com