Surya Anta Dikabarkan Sakit, Polisi: Kalau Perlu Akan Dirujuk ke RS Polri

Surya Anta Dikabarkan Sakit, Polisi: Kalau Perlu Akan Dirujuk ke RS Polri

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Selasa, 08 Okt 2019 15:52 WIB
Aktivis Papua, Surya Anta, di sel Rutan Mako Brimob. (Foto: Istimewa)
Aktivis Papua, Surya Anta, di sel Rutan Mako Brimob. (Foto: Istimewa)
Jakarta - Aktivis Papua, Surya Anta, yang ditahan di Mako Brimob, Depok, Jawa Barat, dikabarkan sakit. Bila diperlukan, polisi siap memfasilitasinya untuk dirujuk ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono sendiri mengaku belum mengetahui kondisi kesehatan Surya Anta. Namun, menurut dia, ada tim dokter yang selalu siaga untuk mengecek kondisi para tersangka dan tahanan, baik di Mako Brimob maupun di Rutan Polda Metro Jaya.

"Di Brimob ada dokter yang setiap hari itu mengecek. Jadi setiap tahanan yang ada di Brimob dan Polda Metro Jaya ada dokter yang mengecek. Misalkan dia ada keluhan apa, tentu akan mengecek," tutur Argo Yuwono kepada wartawan di Apartemen Robinson, Penjaringan, Jakarta Utara, Selasa (8/10/2019).

Argo mengatakan tim dokter akan memeriksa Surya Anta di tahanan. Bila diperlukan, Surya Anta akan dikirim ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan.


"Misalkan nanti emang harus dirujuk, kita akan rujuk ke Rumah Sakit Kramat Jati," imbuh Argo.

Lebih lanjut Argo mengatakan berkas perkara Surya Anta saat ini telah dikirimkan ke jaksa penuntut umum. Polisi masih menunggu petunjuk dari jaksa.

"Sudah sekitar dua minggu lalu (dikirim berkasnya ke jaksa)," tuturnya.

Surya Anta ditetapkan tersangka kasus makar dan telah ditahan di Rutan Mako Brimob. Dia ditetapkan tersangka karena melakukan pengibaran bendera bintang kejora saat aksi di Jl Medan Merdeka Barat, depan Istana, Rabu (28/8).

Halaman

(mea/mea)