detikNews
2019/10/08 11:58:51 WIB

Loyalis Ngotot Bamsoet Calon Ketum Golkar

Pasti Liberti Mappapa, Ibad Durohman - detikNews
Halaman 1 dari 3
Loyalis Ngotot Bamsoet Calon Ketum Golkar Foto ilustrasi: Bambang Soesatyo (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Usai terpilih sebagai Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Kamis (3/10) lalu, Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyatakan dirinya memilih mendinginkan suasana dan menyampingkan kontestasi untuk kepentingan konsolidasi di tengah memanasnya tensi politik. "Saya ingin mengatakan bahwa tidak ada lagi persaingan, kita sudah bersatu, tidak ada persaingan," ujar Bamsoet dalam konferensi pers di ruang Fraksi Partai Golongan Karya (Golkar).

Politikus senior Partai Golkar yang juga tim sukses Bamsoet untuk Musyawarah Nasional Freddy Latumahina menilai pernyataan Bamsoet usai pemilihan itu tersebut sekaligus langkah untuk menurunkan tensi politik yang memanas jelang pelantikan Presiden Joko Widodo. "Kalau Golkar berada dalam konflik akan berakibat pada keguncangan nasional," ujar Freddy pada detikcom, Senin (8/10/2019). "Karena itu upaya mempersatukan Golkar itu perlu."



Ketika Presiden sudah selesai dilantik dan mengumumkan kabinetnya, menurut Freddy, Bamsoet punya tugas tak kalah penting. Khususnya dalam perhelatan Munas Golkar yang sedianya akan digelar awal bulan Desember 2019 mendatang. Bamsoet menurut Freddy, merupakan satu-satunya kader yang punya peluang besar untuk memimpin Golkar.

"Bahwa untuk menjaga persatuan dan kesatuan beliau mendukung Pak Airlangga sebagai ketum, itu sampai masa jabatannya (Airlangga) selesai. Maksudnya itu," ujarnya



Freddy menyebut dengan berbagai kompromi agar situasi politik nasional tetap stabil, tim sukses Bamsoet akan kembali bergerilya menyiapkan Ketua MPR itu untuk berkompetisi setelah pelantikan Jokowi mendatang. "Sesuai schedule itu Oktober harus dituntaskan dulu pelantikan (Jokowi) dengan damai dan nanti kemudian kita bertarung satu bulan penuh sampai Desember untuk mempersiapkan Munas," kata Freddy. "Dan Pak Bamsoet mempunyai hak untuk maju."
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com