detikNews
2019/10/08 07:34:11 WIB

PA 212 Protes Pemeriksaan Bernard Abdul Jabbar: Dia Ditangkap di Jalan Tol

Jabbar Ramdhani - detikNews
Halaman 1 dari 2
PA 212 Protes Pemeriksaan Bernard Abdul Jabbar: Dia Ditangkap di Jalan Tol Sekjen PA 212 Bernard Abdul Jabbar (Foto: Mei Amelia/detikcom)
Jakarta - Polisi memeriksa Sekjen PA 212 Bernard Abdul Jabbar terkait kasus penganiayaan relawan Jokowi, Ninoy Karundeng. PA 212 mengatakan Bernard adalah pihak yang menyelamatkan Ninoy dari amukan massa.

"Berdasarkan info yang saya terima justru Ustaz Bernard yang menyelamatkan Ninoy dari amukan masa, bahkan beliau menyarankan agar Ninoy tidak pulang dulu karena di luar masjid banyak massa takut membahayakan Ninoy," kata Ketum PA 212 Slamet Maarif kepada wartawan, Senin (7/10/2019).

Slamet menyatakan menyayangkan mekanisme polisi dalam memeriksa Bernard. Dia tak sepakat bila Bernard disebut diperiksa.


Polisi sebelumnya mengatakan Bernard diperiksa sebagai saksi terkait kasus penculikan dan penganiayaan Ninoy. Polisi menyebut Bernard ada di lokasi kejadian saat Ninoy dianiaya. Bernard disebut ikut mengintimidasi Ninoy.

Menurutnya, Bernard ditangkap. Sebab, Bernard belum pernah menerima surat panggilan dan disetop di tengah jalan.

"Tidak ditangkap? Kan diberhentikan di tol? Apa bukan penangkapan? Kalau dimintai keterangan mestinya pakai surat pemanggilan dong," ujar Slamet.


"Kita menyayangkan cara penangkapannya. Kita doakan polisi masih profesional dan bisa berlaku adil dalam menegakkan hukum," ujarnya.

Hal senada disampaikan anggota Penasihat PA 212, Yusuf Martak, bahwa Bernard tidak pernah menerima surat pemanggilan. Yusuf mengatakan Bernard ditangkap di tol sepulang dari Lampung.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com