detikNews
2019/10/08 07:22:02 WIB

Round-Up

Hamdan Zoelva Turun Gunung Bela Pengacara Tommy Winata

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 3
Hamdan Zoelva Turun Gunung Bela Pengacara Tommy Winata Hamdan Zoelva. (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta - Eks Ketua MK, Hamdan Zoelva, turun gunung menjadi kuasa hukum Desrizal Chaniago, pengacara Tomy Winata yang menyabet hakim PN Jakpus dengan ikat pinggang. Alasannya karena faktor pertemanan.

Kasus ini berawal saat Hakim PN Jakarta Pusat Sunarso sedang membacakan putusan atas perkara perdata bernomor 223/Pdt.G/2018/PN Jkt.Pst. Tiba-tiba Desrizal melepas tali ikat pinggangnya, lalu berdiri dari kursi dan memukul hakim Sunarso pada Kamis (18/7/2019).

Akibat kejadian itu, korban hakim ketua Sunarso dan hakim anggota I Duta Baskara mengalami luka. Sunarso sendiri tidak mengetahui apa yang membuat Desrizal menyerang keduanya.



Kasus itu kemudian dibawa ke ranah hukum. Sunarso melaporkan perbuatan Desrizal ke polisi. Singkat cerita, Desrizal akhirnya ditahan polisi. Dia dijerat Pasal 212 KUHP dan 351 KUHP dengan ancaman penjara 2 tahun. Berkas Desrizal, terkait kasus penyerangan terhadap hakim PN Jakpus dinyatakan lengkap oleh jaksa. Desrizal akan segera diserahkan ke Kejari Jakarta Pusat.

Hamdan Zoelva turun gunung untuk membela rekannya ini. Dia kemudian membeberkan alasan kliennya itu melakukan penyerangan ke hakim PN Jakpus. Menurut Hamdan, dari informasi yang didapat, Desrizal kaget dengan analisa yuridis yang dibacakan majelis hakim, karena kliennya itu yakin akan memenangkan kasus tersebut.

"Setelah saya mendapatkan informasi dan bertemu, itu yang terjadi spontan dan seketika itu terjadi karena dia merasa, Desrizal, sebagai pengacara yang memahami kasus itu dari segi materi kasusnya yang secara kasat mata dengan bukti-bukti yang diajukan tidak mungkin kalah, kok kalah," ujar Hamdan dalam jumpa pers, di Hotel Boutique, Jalan Angkasa, Gunung Sahari, Jakarta Pusat, Senin (7/10/2019).



"Dia merasa kok bisa begini dari sisi materi dan bukti yang diungkap di persidangan baik bukti yang diajukan dan pihak lain," sambungnya.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com