detikNews
Senin 07 Oktober 2019, 21:29 WIB

Pamitan, Tjahjo Minta Kepala Daerah Dukung Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf

Rolando - detikNews
Pamitan, Tjahjo Minta Kepala Daerah Dukung Pemerintahan Jokowi-Maruf Mendagri Tjahjo Kumolo (Foto: Rolando/detikcom)
Jakarta - Tjahjo Kumolo berpamitan sebagai Mendagri di Kabinet Indonesia Kerja yang akan berakhir 20 Oktober nanti. Tjahjo berterima kasih kepada semua kepala daerah yang selalu berkomunikasi untuk kerja sama.

"Mohon maaf kalau ada hal-hal yang kurang berkenan, sebagai manusia mungkin banyak khilafnya dalam mengambil kebijakan dan keputusan selama 5 tahun. Terima kasih kepada teman-teman kepala daerah yang selalu bekerja sama selalu berkomunikasi," kata Tjahjo di acara 'Innovative Government Award 2019', di Hotel Borobudur, Senin (7/10/2019).

Kepala daerah yang hadir antara lain Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, Gubernur Riau Syamsuar, hingga Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. Ke depannya, Tjahjo menyerahkan kepada Presiden Jokowi dan Wapres terpilih Ma'ruf Amin terkait jabatan yang akan diembannya ke depan.


Menurut Tjahjo, banyak pihak yang ingin menjadi menteri seperti dia di periode ke-2 Jokowi. Tidak hanya kalangan partai, dari relawan pun, lanjut dia, ada yang mengajukan nama calon menteri.

"Tapi saya juga orang partai, partai juga akan menilai saya apakah masih diberi jabatan atau tidak karena yang minat banyak sekali sebagai menteri, yang minat banyak sekali tidak hanya teman-teman partai politik teman-teman profesional teman-teman relawan juga mengajukan calon semua," sebut Tjahjo.

Meski demikian, Tjahjo mengatakan hal tersebut merupakan hak prerogatif Presiden. Dia meminta dukungan kepala daerah untuk terus mendukung pemerintahan Jokowi 5 tahun ke depan.

"Ini yang saya kira kita berikan hak prerogatif kepada Bapak Presiden untuk memilih pembantu beliau pada 5 tahun yang akan datang mohon doa, mohon dukungan teman-teman sekalian semoga pemerintahan Pak Jokowi dan Pak Ma'ruf bisa semakin baik untuk kesejahteraan bangsa dan negara, semoga beliau amanah berdua sekian, terima kasih," imbuh Tjahjo.
(idn/idn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com