detikNews
Senin 07 Oktober 2019, 21:01 WIB

Mendagri Beri Penghargaan Daerah Terinovatif, Ini Daftar Penerimanya

Roland - detikNews
Mendagri Beri Penghargaan Daerah Terinovatif, Ini Daftar Penerimanya Mendagri memberi penghargaan kepada daerah yang terinovatif/Foto: Roland
Jakarta -

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo memberikan penghargaan kepada pemda yang inovatif.

Pemberian penghargaan diberikan dalam acara malam puncak anugerah 'Innovative Government Award 2019' di Hotel Borobudur, Jalan Lapangan Banteng Selatan, Jakarta Pusat, Senin (7/10/2019).

Turut hadir Sekjen Kemendagri, Hadi Prabowo, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo serta Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno.

"Secara singkat kami ingin mengatakan bahwa ada kemajuan dibanding tahun lalu. Di tingkat provinsi masih sama, tapi di tingkat kabupaten/kota muncul beberapa daerah-daerah baru yang mendapatkan penghargaan," kata Tjahjo dalam sambutannya.

Tjahjo berharap daerah lain juga ikut menampilkan inovasi. Sebab banyak penghargaan serupa menurut Tjahjo diberikan ke sejumlah daerah yang sama.

"Jadi saya kira dari 534 kabupaten/kota dan provinsi harapan kami harus tampil inovasi-inovasi. Tapi tetap masih hampir 80% dari media, Bappenas, MenPAN-RB dan keuangan, kesehatan, dari pekerjaan umum itu daerahnya masih sama," kata Tjahjo.

Tjahjo juga berbicara soal Kabupaten Banyuwangi yang tidak pernah absen mendapatkan penghargaan daerah terinovatif. Dia berharap dengan adanya penghargaan ini, daerah lain terpacu berinovasi.

"Saya bilang hampir sama, namanya Banyuwangi pasti nggak pernah ketinggalan. Sama juga dari provinsi juga sama, saya kira ini akan merangsang di kemudian hari," imbuh Tjahjo.

Berikut daerah yang mendapatkan penghargaan:

- Daerah perbatasan dan tertinggal terinovatif: Nabire dan Sigi

- Kabupaten terinovatif: Banyuwangi

- Kota terinovatif: Denpasar

- Provinsi terinovatif : Jawa Tengah, Jawa Barat, Sumatera Barat, DKI Jakarta serta Riau di posisi kelima.




(fdn/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com