detikNews
2019/10/07 19:27:35 WIB

Kemlu Sebut PM Belanda Ingin Tahu Prioritas Kerja Pemerintah Jokowi

Dwi Andayani - detikNews
Halaman 1 dari 2
Kemlu Sebut PM Belanda Ingin Tahu Prioritas Kerja Pemerintah Jokowi Foto: Plt Jubir Kemlu Teuku Faizasyah (Dwi Andayani/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri (PM) Kerajaan Belanda Mark Rutte. Pertemuan ini disebut membahas kerja sama investasi, hubungan antarmasyarakat hingga perdagangan.

"Saya tangkap dari Bu Menlu ada tiga hal yang dibahas, bagaimana menyikapi perdagangan, kerja sama investasi dan hubungan antarmasyarakat. Ini yang saya tangkap dari Bu Menlu ya, karena saya tidak hadir di situ," ujar Plt Jubir Kemlu Teuku Faizasyah di Le meridien hotel Jakarta, Jl Jendral Sudirman, Jakarta, Senin (7/10/2019).


Menurut Faizasyah, Rutte sengaja datang ke Indonesia untuk mengetahui agenda kerja Jokowi sebelum kembali dilantik pada 20 Oktober 2019. Faizasyah menyebut, pertemuan ini dapat menjalin hubungan kedua negara.

"Perdana menteri memang sengaja datang, sebelum Pak Jokowi memulai pemerintahan. Dari awal ingin mengetahui, agenda dan prioritas kerja Bapak Presiden, sehingga dengan demikian hubungan ke depannya pun akan semakin baik, itu yang saya tangkap dan digarisbawahi," tuturnya.

Faizasyah mengatakan dalam kerja sama Indonesia-Belanda, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi telah menandatangani MoU dalam pembangunan kapasitas serta memastikan kelapa sawit yang masuk ke Belanda dapat berjalan dengan baik.



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com