detikNews
2019/10/07 19:07:18 WIB

PPP soal Survei Publik Setuju Perppu KPK: Bahan Pertimbangan, Bukan Penentu

Mochamad Zhacky - detikNews
Halaman 1 dari 3
PPP soal Survei Publik Setuju Perppu KPK: Bahan Pertimbangan, Bukan Penentu Arsul Sani (Foto: Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Sekjen PPP Arsul Sani merespons hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang menyimpulkan bahwa 76,3 persen publik setuju Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerbitkan Perppu KPK. Arsul menilai perppu sebagai langkah terakhir yang bisa diambil oleh Jokowi.

"Partai-partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Kerja dan yang ada di parlemen menyampaikan bahwa perppu itu, kalau dalam bahasa yang simpel harus jadi opsi yang paling akhir, setelah semuanya dieksplor dengan baik tentunya," kata Arsul di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (7/10/2019).


Menurut Arsul, survei LSI bukanlah hal yang menjadi penentu. Dia menyebut survei LSI itu bisa dijadikan rujukan oleh Jokowi.

"Survei itu jadi bahan pertimbangan saya kira, bukan jadi bahan penentu. Menentukan UU itu tidak bisa kemudian berdasarkan hasil survei, tetapi harus kajian yang sifatnya akademik kemudian melalui ruang-ruang perdebatan publik. Itulah saya kira yang harus kita pakai untuk menentukan nanti apakah jalannya legislatif review (revisi UU) atau perppu atau judicial review," ucap Wakil Ketua MPR itu.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com