detikNews
2019/10/07 16:57:53 WIB

Yasonna Dikabarkan Jadi Ketua Komisi III, PDIP: Kalau Jadi Menteri Lagi Piye?

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Yasonna Dikabarkan Jadi Ketua Komisi III, PDIP: Kalau Jadi Menteri Lagi Piye? Menkum HAM Yasonna Laoly (Foto: Dwi Andayani/detikcom)
Jakarta - PDIP dikabarkan mengincar posisi pimpinan Komisi III dan akan menempatkan eks Menteri Hukum dan HAM (Menkum HAM), Yasonna Laoly, sebagai ketua komisi. Apa kata PDIP?

"Infonya Pak Yasonna... ya kalau nanti jadi menteri lagi piye? Lah iya, kalau jadi menteri lagi gimana? Kita kan nggak tahu, kita nggak tahu lapangannya kayak apa, kita nggak tahu. Kalau hari ini kan asumsi-asumsi, kan begitu," kata Sekretaris Fraksi PDIP DPR Bambang Wuryanto di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (7/10/2019).

Saat dimintai konfirmasi apakah benar PDIP mengincar Komisi III, Bambang menyebut hal itu bergantung pada aksentuasi atau penitikberatan pilihan tiap fraksi di DPR. Bambang juga menyebut fraksinya tengah melakukan brainstorming untuk menentukan komisi mana yang menjadi incaran mereka.

"Kalau kita bicara brainstorming, maka 2024 itu pasti akan semua berorientasi pada elektoral. Kalau itu kekuatannya pada elektoral, maka komisi-komisi yang itu terkait dengan kementerian elektoral tentu akan menjadi favorit," ujarnya.


Bambang mencontohkan komisi yang berpotensi menjadi favorit PDIP adalah Komisi IV yang membidangi pertanian dan kehutanan, Komisi VIII yang membidangi agama dan sosial, serta Komisi X yang membidangi pendidikan dan kebudayaan.

"Misalnya Komisi X, misal Komisi IV, Komisi VIII, itu justru menjadi perhatian karena hal tersebut terkait dengan elektoral, kan begitu. Nah, itu namanya baru brainstorming. Bahwa brainstorming apakah kemudian menjadi sebuah keputusan, tentu masih dalam tahapan proses lagi," jelas Bambang.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com