Pemburu Satwa Dilindungi di Aceh Dihukum Cambuk, BKSDA: Semoga Bikin Jera

Agus Setyadi - detikNews
Senin, 07 Okt 2019 12:20 WIB
Ilustrasi hukuman cambuk (Foto: Agus Setyadi/detikcom)
Banda Aceh - Pemburu satwa dilindungi di Aceh bakal dikenakan hukuman tambahan berupa cambuk sebanyak 100 kali. Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh berharap hukuman tambahan tersebut dapat memberi efek jera bagi para pelaku.

Hukuman tambahan terhadap pemburu diatur dalam qanun Aceh tentang Pengelolaan Satwa Liar. Di dalam qanun, disebutkan pemburu satwa dilindungi secara nasional seperti gajah, harimau bakal dikenakan pidana sesuai tertuang dalam Undang-undang Konservasi serta hukuman tambahan berupa cambuk 100 kali.

"Kalau pandangan BKSDA, qanun ini akan memperkuat aturan pengelolaan satwa dan habitatnya. Karena juga diatur terkait manajemen habitat yang di luar kawasan konservasi," kata Kepala BKSDA Aceh Sapto Aji Prabowo saat dimintai konfirmasi detikcom, Senin (7/10/2019).



Menurutnya, dengan adanya qanun tersebut nanti semua pihak termasuk para pemangku kepentingan punya pegangan terhadap apa yang harus dilakukan di wilayahnya. Hal ini dalam rangka pengelolaan satwa termasuk penanggulangan konflik.

Selanjutnya
Halaman
1 2