detikNews
2019/10/07 07:10:44 WIB

Round-Up

Malam Ngeri untuk Ninoy Karundeng Relawan Jokowi

Tim detikcom - detikNews
Halaman 2 dari 4
Malam Ngeri untuk Ninoy Karundeng Relawan Jokowi Foto: Ninoy Karundeng (dok.Facebook)


Namun massa urung mengeksekusi Ninoy, menurut Jack Lapian, aksi urung dilakukan karena ambulans tidak kunjung datang. Jack Lapian menyebut KTP milik Ninoy difoto dan diancam nyawanya jika melapor ke polisi,

"Karena ambulans tidak datang, maka timbul kesulitan untuk mengeluarkan Ninoy dari dalam Masjid Al-Falah. Orang-orang yang ada di dalam masjid lalu merundingkan untuk melepaskan Ninoy. Sebelum dilepas, Ninoy diminta untuk tidak melaporkan ke polisi. Jika melaporkan ke polisi, maka Ninoy akan dibunuh. Beberapa orang meminta alamat Ninoy dan KTP untuk difoto sebagai barang bukti. Selain itu juga disuruh untuk membuat surat pernyataan untuk ikhlas dan pemukulan-pemukulan sebagai akibat dari kesalahpahaman," tutur Jack.

Pukul 07.00 WIB, Ninoy dilepas beserta motornya menggunakan aplikasi online pengantaran barang dengan mobil pikap. SIM card dan hard disk milik Ninoy disita mereka. Jack Lapian sendiri menjelaskan Ninoy dan keluarganya saat ini dalam keadaan yang aman.

"Saat ini Ninoy tinggal di tempat yang aman," tutur Jack Lapian.


Jack Lapian menyebut kondisi fisik Ninoy cukup baik. Meski demikian, dia menilai Ninoy masih trauma dengan peristiwa yang dialminya.

"Secara fisik dan mental Ninoy cukup baik, hanya luka lebamnya saja. Yang pasti secara psikologi pasti rasa 'trauma' itu ada ya. Hanya perlu waktu untuk melewatinya," kata Jack Lapian.

Sementara itu, anggota Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al Falah, Iskandar, angkat bicara soal Ninoy. Iskandar mengatakan jemaah dan pengurus masjid menyelamatkan Ninoy ketika tahu ada pemukulan.

"Secara langsung saya tidak melihat. Kondisi beliau (Ninoy) ada di depan sini (di depan masjid), dipukuli massa. Kita tidak tahu apa penyebabnya tiba-tiba ada pemukulan. Kami dari jemaah masjid dan sekaligus pengurus DKM untuk menyelamatkan beliau kita masukan ke dalam pintu yang terbuka separuh," kata Iskandar saat ditemui di Masjid Al-Falah, Jalan Pejompongan Dalam, Bendungan Hilir, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat (4/10).



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com