10 Mukjizat Nabi Muhammad yang Luar Biasa dari Allah SWT

Niken Widya Yunita - detikNews
Senin, 07 Okt 2019 04:40 WIB
Mukjizat Nabi Muhammad SAW. Foto: (Wahyu/detikTravel)
Mukjizat Nabi Muhammad SAW. Foto: (Wahyu/detikTravel)
Jakarta - Allah memberikan kemampuan luar biasa yang disebut mukjizat seperti kepada Nabi Musa, Sulaiman, dan Isa. Nabi Muhammad juga memiliki mukjizat. Seperti apa mukjizat Nabi Muhammad?

Mukjizat adalah kemampuan luar biasa dari Allah SWT untuk para nabi dan rasul-Nya. Mukjizat dapat digunakan untuk mendukung kebenaran kenabian seorang nabi dan atau kerasulan seorang rasul. Selain itu dapat melemahkan lawan-lawan atau musuh-musuh yang meragukan kebenaran Nabi dan Rasul.


Lalu apa saja mukjizat Nabi Muhammad?

1. Alquran

Dikutip dari Situs Kemenag Jabar, mukjizat yang diberikan Allah kepada Nabi Muhammad SAW berupa Alquran. Alquran merupakan mukjizat terbesar yang diberikan Allah kepada Nabi Muhammad SAW.

Di dalam Alquran tertulis bahwa mukjizat berupa kitab diberikan kepada 4 nabi dan rasul. Di antaranya Nabi Musa AS, Nabi Daud AS, Nabi Isa AS dan Nabi Muhammad SAW.

Mukjizat yang diberikan kepada nabi dan rasul terakhir adalah mukjizat yang abadi sepanjang zaman yaitu Alquran. Sedangkan para nabi dan rasul sebelum Nabi Muhammad SAW maka mereka diberikan mukjizat hanya pada zamannya saja dan semuanya tidak berlaku pada zaman selanjutnya.

2. Membelah Bulan

Kisah mukjizat Nabi Muhammad ini terjadi saat orang-orang kafir menantang Muhammad untuk membuktikan kenabiannya dengan membelah bulan. Kemudian Muhammad menunjuk ke bulan. Lalu atas kehendak Allah, bulan terbagi menjadi dua.

"Bahwa orang-orang Makkah meminta utusan Allah untuk menunjukkan kepada mereka mukjizat, dan ia menunjukkan kepada mereka pemisahan bulan." (Sahih Al-Bukhari).

3. Air Mengalir Dari Jemari Tangannya

Mukjizat Nabi Muhammad lainnya yakni air mengalir dari jemari tangannya. Pada hari Al-Hudaibiya (perjanjian), orang-orang menjadi sangat haus. Setelah menyelesaikan wudhu, orang-orang bergegas menuju Muhammad.

Orang-orang mengatakan bahwa tidak punya air untuk wudhu atau minum kecuali sepanci air kecil yang tidak cukup untuk semuanya. Kemudian Muhammad meletakkan tangannya ke dalam panci dan air mulai mengalir dari jari-jarinya seperti mata air. Akhirnya semua orang dapat minum dan wudhu.

Selanjutnya
Halaman
1 2